Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan investasi P2P Lending

kelebihan dan kekurangan investasi P2P Lending

Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan. Kali ini admin Pena ingin membahas dunia ekonomi. Kita semua pasti sudah setuju bukan, bahwasanya investasi merupakan hal yang paling penting. 

Apalagi sekarang sudah banyak sekali jenis edukasi finansial yang bisa kita akses. Mulai dari  artikel blog, tayangan Youtube, hingga seminar finansial juga banyak. Tinggal bagaimana kita melakukannya dan mempelajarinya lagi. 

Salah satu investasi yang masih jarang dilirik adalah P2P Lending. Investasi P2P Lending memang jarang dikenal bila dibandingkan dengan saham maupun reksadana. Sebenarnya apa itu P2P Lending dan apa kekurangan serta kelebihannya? Ini dia pembahasannya : 

A. Pengertian P2P Lending 

P2P Lending bisa kita ibaratkan sebuah kemajuan fintech  atau teknologi finansial Dalam hal ini P2P Lending itu merupakan platfrom yang mempertemukan antara peminjam dana dengan pemberi dana. Dan tentu saja platfrom ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Ada 3 pihak yang terlibat dalam P2P Lending : 
  • Pemberi Pinjaman yaitu  orang yang memiliki uang dingin atau dana menganggur yang siap dipinjamkan
  • Penerima Pinjaman yaitu orang yang menerima pinjaman untuk keperluan pendidikan, bisnis, dan lain-lain
  • Penyelenggara P2P yaitu yaitu pihak yang menyelenggarakan untuk mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman. 

B.  P2P Lending di Indonesia

Eksistensi P2P Lending di Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 2014. Kalau kamu bergabung dengan investasi P2P Lending. Gabunglah dengan P2P Lending yang diakui oleh OJK. Dengan adanya pengakuan dari OJK maka sudah pasti aman dan diawasi penuh OJK. 

Ada beberapa platfrom P2P Lending terkenal yang ada di indonesia. Sebut saja seperti Amartha, Koinworks, Investree, dan masih banyak lagi.  Admin sudah pernah menggunakan Koinworks. Berikut ini review mengenai Koinworks.  Kode referal koinworks admin Penamorf : 73168

C. Kelebihan investasi P2P Lending

Masing-masing investasi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kita semua juga tahu itu. Apalagi investasi dengan resiko besar, maka keuntungan juga besar. Sedangkan investasi dengan resiko kecil, maka sebaliknya untungnya juga kecil. Bagaimana dengan P2P Lending? Terus apa kelebihannya? 

Mari kita bahas kelebihan investasi P2P Lending. Ini dia kelebihan investasi P2P Lending : 

C1. Bebas memilih resiko 

P2P Lending memiliki banyak sekali jenis pinjaman. Mulai dari pinjaman resiko kecil sampai dengan pinjaman resiko besar. Bagi kamu yang suka dengan kepastian mendapat untung pilihlah resiko kecil, namun untungnya juga kecil.. 

Begitu juga sebaliknya. Bila kamu siap kehilangan banyak uang atau mendapat untung besar, maka pilih yang resiko besar. Jadi bagaimana keuntungan itu tergantung bagaimana kamu memilih pinjaman yang beresiko seperti apa

C2. Bebas pilih tenor

Sebagai investor tentunya kita ingin sebuah kepastian kapan dana investasi + keuntungan bisa didapat. Dengan P2P Lending, kamu bisa memilih tenor. Tenor merupakan batas waktu akhir bagi peminjam untuk menyetorkan dana yang dipinjam kepada investor. 

Tergantung platfromnya dimana. Admin sendiri pernah menggunakan Koinworks. Dan hebatnya admin Pena bisa memilih 3 opsi tenor. Entah 3 bulan / 6 bulan / 12 bulan. Semakin lama untungnya semakin besar. Tergantung juga resikonya

C3. Membantu para UKM

Keterbatasan para UKM dalam memperoleh dana dari bank merupakan salah satu alasan lahirnya P2P Lending. P2P Lending sudah lama menjadi jembatan utama para investor mendanai UKM. Jadi kesimpulannya kalau kamu menjadi inevstor P2P Lending artinya sama saja dengan memajukan UKM di Indonesia

D.Kekurangan P2P Lending 

Jangan terkecoh juga dengan keuntungan investasi P2P Lending. Kekurangan investasi P2P Lending juga ada. Malah lebih fatal kalau satu hal ini terjadi. Berikut satu-satunya kekurangan P2P Lending yang cukup membuat investor ketar-ketir. 

Gagal Bayar

Dua kata diatas memang benar adanya. Gagal bayar artinya dana investor tidak bisa dikembalikan penuh atau tidak bisa dikembalikan semuanya. Tapi tetap ada upaya dari pihak P2P Lending. Biasanya menunggu lama atau tenornya diperpanjang dengan memperkecil bunga. 

Yap itu dia pembahasan mengenai P2P Lending. Semoga kamu bisa berinvestasi di P2P Lending. Sekian dan Terimakasih