Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Influencer dan jenis-jenis influencer berdasarkan follower

Pengertian Influencer dan juga jenis-jenis influencer

Penamorf -  Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan. Kehidupan saat ini memang tidak pernah jauh dari hal yang berbau dengan digital. Mulai dari membeli makanan, pergi traveling, hingga mencari hiburan pasti lari ke digital thing

Dan semenjak adanya pandemi, pola bekerja juga berubah yaitu berkaitan dengan internet. Apalagi mengenai hiburan. Adanya kemajuan digital kita bisa menikmati Netflix, sosial media, kirim email, dan lain-lain. 

Kemajuan digital juga memunculkan orang terkenal yang baru.Tentunya yang bukan latar belakang sebagai artis. Mereka adalah influencer yang kerap kali menjadi sorotan netizen.  Terus apa pengertian Influencer sesungguhnya? Ini dia penjelasannya 

Pengertian Influencer 

Influencer adalah seseorang dalam bentuk individu atau kelompok yang mampu  mempengaruhi persepsi atau preferensi masyarakat  dengan kemampuan yang mereka miliki. Kemampuan yang dimaksud adalah  pengetahuan, skill, latarbelakang, dan lain-lain.

Dalam dunia marketing, influencer ternyata memiliki peranan yang cukup besar. Influencer memiliki audiens yang bisa digunakana sebagai target marketing. Maka dari itu ada isitilah seperti paid promote dan juga endorse

Jenis-Jenis Influencer berdasarkan follower

Perlu di ingat. Semakin tinggi follower atau engagement, maka nilai influencer semakin mahal. Engagement merupakan tingkat interaksi dengan follower. Jadi belum tentu follower tinggi, engagement juga tinggi. Berikut influencer berdasarkan follower : 

A. Nano Influencer

Nano Influencer merupakan jenis influencer yang memiliki jangkauan yang kecil. Jumlah followernya berkisar 1.000 sampai 10.000 . Mereka memiliki harga endorse yang paling murah dibanding dengan jenis influencer lain. 

Keuntungan kerjasama dengan seorang nanoinfluencer adalah bisa meningkatkan brand awarness tanpa mengeluarkan modal yang banyak. 

B. Micro Influencer

Di lingkup yang lebih besar ada yang namanya Micro Influencer. Micro Influencer memiliki jangkauan lebih besar dibanding dengan Nano Influencer. Jumlah followernya berkisar 10.000 sampai 100.000. Harga endorse atau paid promote memang lebih mahal dibanding Nano Influencer. 

Manfaat dari menggunakan jasa micro influencer adalah memiliki jangkauan lebih besar dibanding dengan nano influencer. Modal yang dikeluarkan lebih banyak dan engagement yang didapatkan akan lebih tinggi

C. Macro Influencer

Setelah Micro Influencer ada juga Macro Influencer. Macro Influencer memiliki jumlah follower berkisar 100.000 sampai 1.000.000 . Biasanya mereka merupakan konten kreator sepeti seleb tiktok, youtuber, selebgram dan lain-lain. 

Jangkauannya lebih luas dibanding dengan Micro Influencer. Bila kamu memiliki usaha dan punya dana lebih, cocok untuk endorse Macro Influencer. Kenapa? Karena jangkauannya tinggi dan bisa meningkatkan engagement yang bagus untuk bisnismu

D. Mega Influencer

Yang paling besar dibanding lainnya adalah Mega Influencer. Mereka biasanya datang dari latar belakag tokoh populer seperti artis papan atas, tokoh masyarakat, dan lain-lain. Mega Influencer ini biasanya sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. 

Jangkauannya sangat luas. Engagement juga sudah pasti tinggi, karena diikuti lebih dari 1.000.000 orang. Dan harga untuk endorse  atau paid promote juga tidak main-main.  Namun tidak akan sia-sia kalau menggunakan jasa mereka.

Yap itu dia pengertian Influencer dan jenis-jenisnya. Kamu