Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis influencer berdasarkan konten yang di produksi

Jenis influencer berdasarkan konten yang diproduksi


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan.  Admin Pena ingin membahas tentang influencer. Yap postingan sebelumnya yang berjudul pengertian influencer dan jenis-jenisnya, terpaksa admin lanjutkan disini.

Seperti yang kita ketahui, influencer saat ini bisa dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan. Dan hebatnya semakin berpengaruh, maka semakin besar juga pendapatannya. Namun biasanya yang diperhatikan bukan hanya follower, melainkan engagement. 

Terus bagaimana dengan jenis-jenis influencer. Apakah hanya terpatok pada follower saja. Sebut saja seperti nano influencer, micro influencer, macro influencer, mega influencer. Berdasarkan konten produksi, ternyata influencer terbagi menjadi banyak jenisnya loh!. Ini dia pembahasannya : 

1. Selebgram  (Post sosial media only)

Yang pertama adalah selebgram. Aplikasi Instagram merupakan aplikasi populer yang saat ini banyak penggunanya di seluruh dunia. Sayangnya di Tiongkok, aplikasi ini diblokir oleh pemerintah yang ada di sana. Pengguna Instagram yang memiliki jumlah follower yang banyak bisa disebut sebagai  selebgram. 

Menjadi selebgram tidaklah mudah. Mereka harus bisa membuat personal branding yang menarik. Menjadi selebgram bukan hanya sekedar posting foto saja. Tapi konten menarik dengan tujuan yang spesifik. Entah untuk hiburan, untuk bisnis, dan masih banyak lagi.  

2. Blogger 

Yang kedua adalah Blogger. Blogger merupakan salah satu jenis influencer yang sudah eksis sejak tahun 2000 an awal.  Salah satu blogger yang menjadi influencer terkenal di dunia adalah Linda Ikeji. Sedangkan di Indonesia sendiri salah satu blogger yang menjadi influencer adalah Raditya Dika. 

Tugas seorang blogger bukan hanya menulis sembarangan. Mereka membuat tulisan yang menarik untuk pembaca. Penghasilan mereka bisa berupa endorse, paid promote, paid review, google adsense, dan lain-lain.

3. Youtuber 

Yang ketiga adalah Youtuber. Pasti kalian sudah familiar dengan yang namanya Youtube. Sebuah platfrom yang bisa kita gunakan untuk menonton atau mengupload video. Banyak orang biasa yang bukan anak artis menjadi terkenal di platfrom ini. 

Sebut saja seperti Nessie Judge, Tanboy Kun, Magdalenaf, dan lain-lain. Menjadi Youtuber tidaklah mudah. Karena harus memikirkan konten, mengedit video dan audio, dan masih banyak lagi. 

4. Seleb TikTok

Selanjutnya adalah seleb TikTok. TikTok merupakan sosial media yang saat ini cukup digemari. Kebanyakan seleb TikTok membuat konten yang berkaitan dengan hiburan. Mulai dari dance, lipsync, dan masih banyak lagi. 

Ada beberapa kisah seleb TikTok terkenal. Sebut saja  Charlie D'Amelio, Khaby Lame, Dixie Damelio, dan masih banyak lagi.