Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Nah kali ini admin pena mau membahas masa depan. Sebenarnya masa depan itu sesuatu yang misterius. 

Kita semua tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti di masa depan. Kita hanya bisa berencana dan juga berbuat yang terbaik saat ini. Harapannya dengan berbuat yang terbaik saat ini semoga kita sukses di dunia maupun di akhirat. 

Karena masa depan  yang indah itu perlu persiapan. Ini dia hal-hal yang harus dipersiapkan untuk masa depan : 

1. Mengenal diri sendiri

Salah satu senjata ampuh untuk menjadi orang yang sukses kedepannya adalah dengan mengenali diri sendiri. Pasalnya dengan mengenal diri sendiri, kita bakal tahu bagaimana arah kita kedepannya. Misalkan kita punya kelebihan dibidang matematika. 

Mungkin kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknik atau yang lain. Menganalisa kelemahanmu juga perlu. Kamu bisa menggunakan kelemahanmu untuk tolak ukur yang harus kamu terima.

Memperbaiki kelemahan juga tidak masalah. Tapi jangan sampai lupa mengasah kelebihanmu. Ingat bakat dan kelebihanmu jangan terbengkalai

2. Meningkatkan skill

Skill atau kemampuan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu soft skill dan hard skill. Keduanya penting untuk menunjang karir dan juga kehidupan sosial. Hardskill sendiri berkaitan dengan keahlian yang bisa kamu pelajari dan kamu lakukan. 

Untuk hardskill sendiri kamu bisa meningkatkan skill dengan mengikuti kursus, kelas online, atau mendapat sertifikat yang lain. Bagaimana dengan softskill? Softskill sendiri kemampuan interpersonal dan juga berhubungan dengan yang lain. 

Hal yang paling diutamakan dalam bekerja rata-rata adalah softskill. Softskill sendiri mencakup bagaimana kamu bersikap, bagaimana kamu mengatur emosi, bagaimana kamu berkomunikasi. Kenapa softskill diutamakan? karena hardskill bisa diasah dengan cepat, sedangkan softskill sendiri harus dibentuk lama. 

3. Tabungan dan investasi

Untuk mencapai titik dimana mencapai status bebas finansial, kita mau tidak mau harus menabung. Tabungan sendiri akan sangat berguna nanti dihari tua. Selain itu jangan lupa alokasikan tabungan ke berbagai cabang. Mulai dari tabungan khusu konsumsi, untuk kesehatan, untuk traveling, dana darurat, dan untuk bisnis sendiri. 

Selain tabungan, kamu juga wajib punya yang namanya investasi. Investasi sendiri ada banyak macamnya mulai dari reksadana, saham, emas, properti, dan lain-lain. Investasi sendiri berguna untuk melawan yang namanya inflasi. 

4. Rumah impian 

Hal yang harus kamu persiapkan adalah rumah impian. Yap rumah sendiri saat ini harganya terus meningkat. Dari tahun ketahun harga properti naik perlahan. Untuk hari tuamu nanti kamu harus bisa mempersiapkan rumah yang akan menaungi keluargamu nanti. 

Sebelum membeli rumah, pelajari dulu menganai rumah yang akan kamu beli. Mulai dari tipenya, pembayarannya, metode pembeliannya, harganya, dan lain-lain. 

5. Gaya Hidup 

Gaya hidup sendiri merupakan pola hidup yang bakal kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari nanti.  Apakah gaya hidup akan menentukan kehidupanmu dimasa depan? Jawabannya iya! Contohnya kalau kamu menerapkan gaya hidup konsumtif maka kamu harus memastikan pemasukan yang besar. 

Lain ceritanya kalau gaya hidupmu sederhana. Gaya hidup sederhana tidak menuntut pengahsilan yang besar. Karena sebesar apapun uang mu, kamu tetap menggunakannya dengan sederhana bukan untuk senang-senang semanta atu foya-foya