Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips menggunakan pinjaman online


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga sehat dan tentunya dalam lindungan Tuhan selalu. Dalam kondisi finansial yang darurat kadang kala kita terpaksa meminjam. Dan dengan adanya teknologi seperti saat ini, kita diuntungkan dengan pinjaman online. 

Tapi gunakan pinjaman online secara bijak ya teman-teman. Pasalnya banyak yang beredar diluar sana kalau prosedur penagihan kadang diluar prosedur. Sebenarnya boleh gak pinjam duit via pinjol? Boleh-boleh saja asalkan kamu harus siap membayar utang + bunganya nanti. 

Jangan sampai mentalitas meminjam uangnya saja yang ada, pas ditagih malah kabur. Padahal ada perjanjian tersendiri sebelum meminjam.  Dan sebagai peminjam, kamu harus tahu dan paham betul tentang perjanjian itu. 

Supaya kamu bisa aman meminjam uang di aplikasi pinjol. Berikut admin Pena bagikan tips menggunakan pinjaman online : 

1. Pilih aplikasi yang aman dan terdaftar di OJK

Pernah dengar dengan kejadian dimana seorang peminjam pinjol ditagih dengan cara yang kasar? Atau bunganya setinggi langit? Rata-rata masyarakat tidak tahu bahwa diluar sana ada banyak pinjaman online ilegal yang masih beroperasi. 

Sebelum memilih aplikasi pinjol yang akan digunakan, pastikan aplikasi pilihanmu terdaftar di OJK.  Menurut beberapa sumber ada 106 aplikasi pinjol yang saat ini terdaftar di OJK. Jangan sampai kamu menggunakan aplikasi pinjol diluar pengawasan OJK. 

2. Pastikan punya penghasilan

Memahami kondisi keuangan sendiri itu sangat penting. Untuk mengambil beberapa keputusan finansial, seperti meminjam uang perlu beberapa pertimbangan. Nah hal yang kamu pastikan adalah harus punya penghasilan.

Supaya nanti kedepannya kamu bisa membayar hutang tepat waktu.  Intinya jangan sampai mengalami pembengkakakn bunga karena telat bayar.

3. Gunakan uang pinjaman untuk hal produktif

Banyak orang yang ada diluar sana menghabiskan uangnya untuk hal konsumtif. Hal konsumtif tersebut lebih mengarah ke gaya hidup. Misalnya membeli barang branded, beli barang trend, dan lain-lain. Kalau kamu menggunakan uang untuk hal produktif yang bermanfaat panjang, maka timbal balik yang didapat pasti bagus. 

Maka dari itu gunakan uangmu untuk hal produktif. Termasuk uang hasil meminjam di pinjol. Kamu bisa menggunakan pinjol untuk kepentingan darurat, membeli barang untuk mendukung kinerja, atau membangun bisnis yang kamu punya. 

4. Pilih yang bunganya rendah

Karena ekonomi Indonesia yang berkembang. Penyelenggara pinjaman online juga ramai berkembang pula. Nah penyelenggara pinjaman online selalu menawarkan bunga yang kompetitif. Alasannya adalah supaya berhasil menggaet banyak customer. 

Kamu harus jeli memilih mana aplikasi yang menyediakan bunga rendah. Bunga rendah ini akan meringankan beban saat pinjaman jatuh tempo. 

5. Perkirakan jangka waktu pinjaman 

Jangka waktu pinjaman merupakan periode dimana kamu mulai meminjam sampai  dengan hari dimana pinjamanmu jatuh tempo. Jangka waktu pinjaman berbanding lurus dengan bunga pinjaman.  Semakin lama jangka waktunya maka semakin besar pula bunga yang harus dibayar. 

Pinjaman online sebenarnya tidak sebegitu menakutkan seperti media yang beritakan. Hanya saja masyarakat diluar sana belum tahu pinjol legal, belum bijak juga dalam meminjam secara online. Yap itu dia tips menggunakan pinjaman online. Semoga bermanfaat!