Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi jangka panjang : Jenis dan Tujuannya

investasi jangka panjang



Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan baik-baik saja dan tentunya dalam lindungan Tuhan.  Kita semua pasti selalu memastikan bahwa kondisi finansial kita selalu baik-baik saja. Dan terkadang kita juga meraba kondisi finansial yang lebih baik dengan beberapa target di masa depan. 

Entah memiliki target punya rumah, membuka bisnis baru, hingga berkeinginan pensiun dini. Untuk mencapainya kita pasti punya plan dan mewujudkannya sedini mungkin. Dan cara yang sebagian besar orang lakukan adalah dengan menabung dan berinvestasi. 

Dari segi periode, investasi terbagi menjadi dua yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Kali ini Admin Pena akan membahas tentang investasi jangka panjang. Apa itu investasi jangka panjang?Apa saja jenis dan contohnya? ini dia pembahasannya : 

Pengertian Investasi Jangka Panjang 

Investasi Jangka Panjang merupakan penanaman modal atau aset yang dilakukan secara berkala selama lebih dari 1 tahun dengan tujuang untuk mendapat keuntungan.  Periode invesatasi jangka panjang minimal adalah 1 tahun sampai lebih dari 10 tahun. 

Tujuan Investasi Jangka Panjang 

Karena memiliki jangka waktu yang panjang,  tujuan investasi jangka panjang ini cukup penting kedepannya. Selain perlu kesabaran dan ketekunan, investasi jangka panjang sudah pasti menghasilkan. Apa saja tujuan investasi jangka panjang? Ini dia diantaranya :
  • Mempunyai passive income. Investasi jangka panjang akan memberikan pendapatan tetap meskipun kamu sedang libur atau sudah berhenti dari tempat kerja. Pendapatan tetap bisa didapat dari bunga, royalti, deviden, dan lainnya. 
  • Memiliki hak mengendalikan atas perorangan atau perusahaan dengan bukti kepemilikan usaha
  • Tujuan pribadi yang perlu dana besar seperti pensiun, umrah atau haji, membeli rumah, atau biaya menikah
  • Menghindari resiko tinggi dan kepastian mendapat keuntungan

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang 

Ada beberapa jenis investasi jangka panjang yang bisa kamu jadikan portofolio investasi. Investasi ini kelak akan membantumu. Apa aja si? ini dia investasi jangka panjang yang wajib masuk portofolio invesatsi kamu : 

A.  Saham

Saham adalah suatu instrumen investasi yang menyatakan kepemilikian perorangan atau perusahaan atas suatu aset perusahaan atau perorangan lainnya. Saham saat ini menjadi salah satu investasi jangka panjang yang paling banyak dilirik. 

Coba tebak alasannya kenapa ya? 

Alasannya pihak yang memiliki saham tidak perlu terlibat sepenuhnya dengan perusahaan. Nilai saham bisa naik dan turun seiring berjalannya waktu dan  perkembangan perusahaan. 

Keuntungan lainnya adalah pemegang saham akan mendapat deviden yangg dikeluarkan perusahaan setiap tahun. Satu lagi, nilai saham perusahaan dalam jangka panjang memiliki potensi naik. Jadi harga saham yang semakin tinggi juga semakin menguntungkan. Kelak saham tersebut bisa dijual juga. 

B. Emas

Salah satu jenis investasi yang tidak pernah lekang zaman. Emas bisa menjadi opsi investasi jangka panjang. Logam mulia ini menjadi alat tukar perdagangan internasional sejak jaman dahulu sebelum mata uang Dollar (USD) ada. 

 Investasi emas saat ini sangat mudah. Kamu bisa membeli emas dengan cara offline dan online. Admin Pena lebih memilih membeli emas secara online, alasannya tidak perlu menyiapkan brankas penyimpanan. Ada 5 aplikasi jual beli emas terbaik yang admin rekomendasikan. Kamu bisa kunjungi laman 5 aplikasi jual beli emas terbaik, supaya kamu bisa beli portofolio emas online pertamamu.

C. Obligasi 

Salah satu jenis investasi yang jarang dilirik oleh banyak orang. Kok begitu? Hal ini dikarenakan perusahaan yang menerbitkan obligasi  jumlahnya terbatas dan tidak sebebas saham dalam bertransaksi jual beli. 

Padahal kalau admin lihat, investasi dengan membeli obligasi cukup menguntungkan. Apalagi untuk dana darurat, obligasi dinilai cocok sekali. Coba  tebak kenapa? Alasannya karena bebas dari resiko. 

Istilah lain dari obligasi adalah surat utang. Dan salah satu yang wajib masuk portofolio investasimu adalah SBN Ritel  yang diselenggarakan pemerintah. Kamu bisa membeli SBN Ritel di mitra distribusi yang resmi. 

D. Reksadana 

Salah satu jenis investasi yang wajib ada pada daftar portofolio kamu adalah reksadana. Bagi yang belum tahu apa itu reksadana, reksadana atau mutual fund adalah pengumpulan dana masyarakat yang pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi. 

Manajer investasi akan mengelola dana tersebut ke berbagai efek seperti saham, obligasi, dan lainnya. Reksadana yang paling cocok untuk investasi jangka panjang adalah reksadana pasar uang. Nilainya selalu stabil dan cenderung naik. 

Sebelum menua, persiapan finansial sedini mungkin adalah langkah yang paling tepat. Kedepannya dana yang kamu investasikan dalam jangka panjang akan sangat berguna dan membantu dimasa depan.