Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 NFT termahal di Dunia

 
Penamorf -  NFT  atau Non Fungible Token  merupakan salah satu bentuk keajaiban di era digital. Bayangkan sebuah gambar bisa memiliki harga yang nilainya miliaran. 

Di Indonesia saat ini ada dua NFT yang cukup terkenal yaitu Karafuru dan Ghozali. Yang paling ramai dulu adalah Ghozali Everyday, karena NFT merupakan hasil foto selfi pemuda bernama Ghozali.

Membicarakan NFT, berikut ini adalah  7 NFT termahal di dunia : 

1. The Merge  by Pak




NFT diatas merupakan karya dari seniman digital Pak. Kabarnya NFT berjudul "The Merge" ini terjual seharga 91,8 Juta Dolar AS

Ada sekitar 28.983 kolektor. Bila diubah ke rupiah, harga NFT diatas nominalnya lebih dari  1,3 Triliun. Angka yang sangat fantastis.

Pak sendiri merupakan seniman digital yang sudah bergelut dibidangnya selama 20 tahun. 

2. Everydays : The First 5000 days


NFT selanjutnya berjudul Everydays : The Frist 5000 days. NFT yang satu ini dibuat oleh seorang desainer grafis AS bernama Mike Winkelmann.

Sesuai dengan judulnya, NFT tersebut merupakan kolase dari 5000 foto yang diambil sejak tahun 2007. 

Harganya sangat fantastis menyentuh Rp991 miliar pada 11 Maret 2021. Kabarnya dibeli oleh seorang investor asal Singapura.

3. Human One 




Beralih dari NFT yang sifatnya 2D atau dua dimensi. Kali ini di posisi ke-3, NFT berjudul "Human One" merupakan karya video. 

BTW NFT Human One merupakan karya yang dibuat oleh Mike Winkleman. Orang yang sama dalam pembuatan NFT  The First 5000 days.

Harga karya ini mencapai Rp.413 Miliar. 

4. Clock 


"Clock" merupakan sebuah karya kolaborasi antara seniman Pak dan aktivis Julian Assange. Judul "Clock" merepresentasikan hari demi hari yang dihitung oleh peneu Wiki Leaks saat dipenjara.

Tujuan dari penjualan NFT ini untuk bantuan hukum bangi Assange. Ada sekitar 10.000 orang yang mengkoleksi NFT ini. Harga NFT "Clock" menyentuh 52.5 juta dolar AS.

5. CryptoPunk #5822


NFT ini menjadi salah satu trend yang cukup ramai di OpenSea. Gambar alien degan warna biru tersebut  pernah terjual dengan harga yang sangat tinggi pada 12 Februari 2022. 

Coba tebak berapa gambarnya? Yap harganya lebih dari 23 Juta dollar. CryptoPunk #5822 menjadi salah satu crypto termahal sekarang