Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Virtual Assistant ?

Apa itu Virtual Assistant

Penamorf - Halo sobat Pena! Berkembangnya jaman membuat banyak sekali pekerjaan baru. Sebut saja seperti graphic designer, UX Designer, copywriter, dan banyak lagi. 

Dari sekian banyak profesi digital tersebut, saat ini masih ada yang belum begitu populer. Namanya adalah Virtual Assistant. 

Kabarnya profesi virtual assistant memiliki penghasilan yang cukup lumayan. Di beberapa platform virtual assistant bisa meraih ratusan bahkan ribuan dollar. 

Apa itu Virtual assistant? apa pekerjaannya? berapa gajinya? ini dia jawabannya :

Pengertian Virtual Assistant

Virtual Assistant adalah orang yang memberikan layanan atau services administratif dan dukungan bisnis kepada suatu entitas perusahaan. 

Bila personal assistant biasa bekerja dikantor, maka virtual assistant bisa dilakukan secara jarak jauh atau online.

Apa tugas Virtual Assistant

Dilansir dari The Balance Careers, pada umumnya  virtual assistant memiliki tugas mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas administrasi. 

Apa saja tugas administrasi  seorang virtual assistant? Ini dia jawabannya : 

1. Entry Data

Virtual Assistant  memiliki kemungkinan besar mengerjakan tugas entri data. Bisa menggunakan Google Sheet atau MS Excel. 

Data yang dikelola bisa saja data keuangan, statistik umum, input data perusahaan, penghapusan data, pengecekan data, dan lain-lain. 

2. Sosial Media

Menjadi virtual assistant juga dituntut untuk bisa  mengelola sosial media. Entah membuat kontent atau menjawab setiap DM masuk. 

Bisa juga seorang virtual asisstant dituntut untuk meningkatkan engagement akun sosial media, memahami insight, dan berbalas komentar. 

3. Mengelola Email

Pengelolaan email juga menjadi salah satu tugas virtual assistant yang wajib bisa dilakukan. Email untuk meeting, email untuk penawaran ke klien, dan kemampuan email lainnya sesuai izin dari atasan. 

4. Melayani Pelanggan 

Virtual Assistant kadang diperlukan untuk melayani pelanggan layaknya customer service. Jadi seorang virtual assistant harus bisa memiliki komunikasi yang bagus dengan pelanggan. 

Entah untuk konsultasi hingga closing dengan pelanggan. Selain itu seorang virtual assistant juga harus profesional saat menghadapi keluhan dari klien.

Penghasilan seorang Virtual Assistant

Untuk penghasilan virtual asisstant tergantung dari durasi kontrak pekerjaan. Biasanya semakin lama maka gajinya juga besar. 

Apalagi bila bergabung dengan situs freelance dengan market internasional. Sebut saja seperti Fiver, Upwork, dan lain-lain. Gajinya satu bulan bisa tembus 500USD. 

Yap itu dia pembahasan mengenai Virtual Assistant. Semoga bermanfaat, sekian dan Terimakasih.