Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sumber Belajar literasi finansial supaya pandai mengatur keuangan

5 Sumber Belajar literasi finansial

Penamorf - Pendidikan di sekolah umum kebanyakan tidak mengajarkan literasi keuangan. Padahal literasi keuangan memiliki pengaruh yang cukup besar saat dewasa nanti.

Di masa dewasa, dimana semua kebutuhan finansial mulai dipenuhi diri sendiri. Sebut saja seperti tabungan, beli rumah, hingga kebutuhan rumah tangga. 

Karena semua aspek finansial terlibat di setiap lini kehidupan. Hal yang wajib dilakukan adalah meningkatkan literasi finansial. 

Indonesia sendiri memiliki literasi finansial yang cukup rendah. Buktinya dari 270 juta pendududk Indonesia, baru ada 7.8 juta orang yang terdaftar sebagai investor (data KSEI Januari 2022)

1. Baca Buku

Buku adalah jendela dunia. Harus diakui eksistensi buku sebagai jendela dunia memang tidak pernah tergantikan. Buku-buku yang berkaitan dengan dunia finansial wajib sekali masuk daftar baca. 

Sebut saja buku seperti Rich Dad Poor Dad, How To Retire Happy Wild and Free,  The Intelegent Investor, dan buku buku lainnya yang beredar diluar sana. 

Buku yang dibaca akan membentuk pola pikir, menambah pengetahuan, dan tentunya bisa menjadi pondasi untuk mengambil langkah finansial nanti. 

2. Follow atau Subs Influencer Keuangan 

Dengan majunya teknologi saat ini, mengakses informasi via sosial media juga mudah. Munculnya orang-orang yang ahli pada bidang keuangan  di sosial media membuatmu mudah belajar finansial.

Alasannya kenapa? Biasanya para influencer keuangan ini memiliki pengalamannya sendiri. Sehingga mereka berani untuk berbagai pengalaman dan pengetahuan. 

Dari pengalaman dan pengetahuan yang mereka bagikan tentu saja kita bisa mendapat ilmu finansial gratis. 

Konten keuangan dari influencer keuangan bisa dinikmati di Youtube, Instagram, atau bahkan TikTok.

3. Mengikuti Webinar Keuangan

Webinar keuangan bisa diikuti dengan mudah saat ini. Kamu bisa mendapat info webinar keuangan tentang topik apapun yang tersedia di Internet dan Sosial Media.

Cara paling mudah untuk mendapatkan info webinar keuangan adalah dengan mengikuti akun sosial media perusahaan sekuritas, perusahaan fintech, atau mengikuti influencer di bidang keuangan. 

Biasanya mereka mengadakan webinar gratis. Ada pula yang berbayar, tinggal pilih yang mana. Keduanya sama-sama memberikan pengetahuan dan pengalaman tersendiri. 

4. Rajin baca artikel finansial

Munculnya perusahaan startup fintech membuat artikel finansial mudah sekali untuk diakses. Biasanya perusahaan fintech berbagi pengetahuan melalui blog perusahaan. 

Sumber artikel dari perusahaan fintech memiliki keakuratan yang cukup tinggi. Karena mereka hadir dengan proses  kurasi dan sumber yang terpercaya. 

5. Gabung dengan  Forum Finansial

Sumber belajar literasi finansial selanjutnya adalah melalui sebuah forum. Nah salah satu forum finansial yang wajib kamu ikuti tentunya ada di aplikasi OneAset. 

Kamu bisa mengaktifkan fitur komunitas untuk bergabung dalam diskusi bersama influencer keuangan. Disana berbagai topik sudah disediakan, artikel dari influencer juga selalu update setiap harinya.


Untuk bergabung jangan lupa gunakan  kode 7RM6 dan jangan lupa follow Sali Hartono untuk berbagai informasi keuangan lainnya.