Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tugas, dan Gaji UX Designer

Pengertian, Tugas, dan Gaji UX Designer


Penamorf - UX designer merupakan sebuah profesi yang cukup legit di abad ke-21.  UX Designer memiliki pekerjaan yang lebih kompleks bila dibanding dengan UX Writer.

Permintaan UX designer semakin meningkat seiring banyaknya perusahaan yang fokus pada kebutuhan pengguna dan calon penggunanya. 

UX Designer sudah pasti dibantu dengan beberapa  anggota lain seperti UI Designer,  UX Writer, dan juga UX researcher. 

Terus apa itu  UX Designer? Apa tugasnya? dan apa skill yang dibutuhkan?  dan berapa gajinya? 

Pengertian UX Designer

UX Designer memiliki kepanjangan User Experience Designer.  Jadi UX designer merupakan orang yang bekerja untuk merancang sesuatu demi pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menggunakan jasa atau produk yang disediakan (situs atau aplikasi).

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab kepuasaan pengguna terhadap aksesibilitas, interaksi, dan juga kegunaan. 

Tugas seorang  UX Designer

Seorang UX designer dalam menjalankan pekerjaannya melibatkan product manager, front end, quality assurance, dan pihak lainnya. 

Dengan melibatkan beberapa pihak, berikut ini tugas rutin seorang UX designer : 

Riset ( Research)

Seorang UX Designer memiliki langkah awal berupa riset terhadap respon pengguna. Di beberapa perusahaan yang sudah besar biasanya dipegang oleh UX Researcher. 

Namun tugas riset juga harus dikuasai oleh UX Designer.  Mereka melakukan  survey dengan mengetahui kebutuhan. Dan di beberapa moment perlu juga melakukan perbincangan langsung dengan pengguna.

Desain

Hasil dari riset tadi maka ada beberapa insight yang bisa diambil. Untuk selanjutnya fokus pada desain yang  akan dibuat. 

Pembuatan desain tentu saja melihat dari sisi fungsionalitas yang dibutuhkan.. Setelah desain dibuat, untuk selanjutnya adalah tahap testing.

Pengujian (Testing)

Setelah tahap desain, untuk tahap selanjutnya adalah tahap  pengujian. Pengujian ini melibatkan berbagai pihak. 

Bukan hanya pihak external (pengguna) tapi juga internal (perusahaan). Pengujian ini meliputi ke usability testing, explorative inquiry. 

Implementasi 

Tugas selanjutnya adalak melakukan implementasi terhadap desain produk yang sudah dibuat. Nantinya akan melibatka beberapa pihak dalam proses perilisan produk. 

Sebut saja seperti front end developer, UI designer, hingga product manager.  Untuk lebih lanjutnya nanti bakal dipromosikan melalui sosial media specialist

Skil yang dibutuhkan seorang UX Designer

Untuk hard skill  seorang UX Designer harus menguasai komunikasi visual. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual juga. 

Kemampuan riset juga wajib dimiliki untuk bisa mengetahui kebutuhan pengguna. Selain itu hard skill lainnya adalah UI/UX Writing, Information Architecture, dan lain-lain.

Bagaimana dengan softskill? Softskill yang diperlukan adalah empati kepada pengguna, komunikasi dan berpikir kritis, pengelolaan data, dan problem solving. 

Berapa Gaji UX Designer

Menurut situs payscale.com, UX Designer bisa mendapat penghsilan lebih dari Rp.100 juta setiap tahunnya. Angka ini tergantung dari perusahaan dan tempat bekerja.