Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajari Anak Berinvestasi Sejak Dini

Cara Mengajari Anak Berinvestasi Sejak Dini

Penamorf -  Cara mengajari anak berinvestasi sejak dini memang bisa dianggap gampang-gampang susah. 

Kenapa dikatakan sebagai gampang-gampang susah? Karena yang diajarkan merupakan anak-anak. 

Bila kita sebagai orang dewasa belajar investasi, pasti sudah tahu kedepannya bakal digunakan untuk apa. 

Berbeda dengan anak-anak, mereka masih bereksplorasi. Namun daya serap seorang anak-anak memang sangatlah tinggi, jadi memanfaatkan momen sedini mungkin tidak masalah. 

Toh kedepannya juga bisa berguna bagi anak itu sendiri ketika dewasa. Supaya bisa settle untuk berbagai keputusan finansial. 

Cara mengajari anak berinvestasi sejak dini

Jangan pernah menganggap seolah anak kecil tidak tahu apa-apa.  Akan lebih baik menganggap dan menyikapi anak secara dewasa. 

Dengan menyikapi anak secara dewasa, berbagai ilmu pasti akan diserap dengan baik oleh anaknya.  Berikut ini  adalah cara mengajari anak berinvestasi sejak dini : 

1. Jangan terlalu memaksa

Anak-anak rata-rata masih fokus pada hal-hal sederhana. Bermain, berkesperimen,  membuat sesuatu yang berbeda, dan aktivitas sederhana lainnya. 

Untuk mengajarkan hal-hal berinvestasi lebih baik jangan dipaksa. Karena ketika dipaksa, tubuh dan pikiran anak juga menolak. 

Akan lebih baik penyampaian dilakukan saat waktu senggang, tidak mengganggu aktivitas anak. 

2. Gunakan bahasa yang mereka pahami

Investasi merupakan topik yang bisa dipahami penuh oleh remaja dan orang dewasa. Namun bagaimana dengan anak-anak. 

Bila menyampaikannya layaknya orang dewasa, sudah pasti hasilnya tidak maksimal. Akan lebih baik menyesuaikan edengan bahasa mereka yang sederhana. 

3. Ajari Anak Tentang Uang 

Memberikan pelajaran tentang uang kepada anak merupakan hal yang penting. Kenapa? Karena uang merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk bertahan hidup dan membangun mimpi di dunia. 

Anak harus tahu bagaimana uang itu bekerja, pentingnya uang untuk masa depan, dan bagaimana menggunakan uang dengan tepat. 

4. Ingatkan untuk menabung sedini mungkin

Biasanya anak-anak akan medapatkan angpao saat Chinese New Year. Bisa juga mendapat kado Natal atau salam tempel saat  Idul Fitri. 

Menabung harus diajarkan sejak dini. Mulailah dari hal sederhana, seperti menabung menggunakan celengan.

5. Kenalkan dengan investasi emas

Anak-anak juga sebaiknya mulai dikenalkan dengan instrumen investasi seperti emas. Berikan penjelasan kenapa emas itu menjadi aset yang mahal. 

Selain itu berikan pemahaman bahwa uang sebaiknya tidak hanya ditabung saja, karena bisa termakan inflasi.

Investasi emas bisa menjadi salah satu instrumen yang kebal inflasi.  Dan cara membeli emas bisa melalui aplikasi terpercaya seperti aplikasi OneAset. 

Selain terpercaya bisa mulai dari Rp.10.000 . Ada juga fitur komunitas yang bisa digunakan untuk interaksi dengan banyak influencer keuangan. 

Untuk mengaktifkannya jangan lupa gunakan kode : 7RM6