Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Colin Huang pendiri Pinduoduo

Kisah Sukses Colin Huang

Penamorf -  Selain Jack Ma, orang sukses di Tiongkok lainnya adalah Colin Huang.  Namanya memang asing dan jarang didengar di Indonesia. 

Namun di Tiongkok sana, nama Colin Huang cukup terkenal. Kenapa? Karena Colin Huang adalah pendiri salah satu marketplace terbesar di Tiongkok. 

Pinduoduo merupakan marketplace terbesar di Tiongkok setelah Alibaba.  Sama seperti kebanyakan marketplace, Pinduoduo juga menyediakan barang dan beberapa layanan jasa. 

Berikut ini adalah kisah Colin Huang pendiri Pinduoduo

Kehidupan Awal Colin Huang 

Colin Huang lahir pada tahun 1980 di kota Hangzhou. Kedua orang tuanya bukanlah golongan orang kaya raya. 

Melainkan  kedua orang tuanya berasal dari kelas pekerja parbrik. Dengan latar belakang ekonomi yang biasa-biasa saja, ternyata tidak membendung kecerdasan Colin Huang. 

Prestasi Colin Huang patut diapresiasi meskipun lahir dari orang tua dengan latar belakang pekerja pabrik,ternyata pernah memenangkan Olimpiade Matematika. 

Dari olimpiade Matematika inilah, Colin Huang  mendapatkan beasiswa di sekolah terkenal di Provinsi Zhejiang. 
 
Sekolah tersebut biasanya memiliki siswa dari kalangan elit. Dan di sekolah itulah Colin dikenal sebagai siswa yang paling cerdas
 
Colin melanjutkan pendidikannya di Zhejiang University dengan jurusan ilmu komputer. Dan tergabung di Melton Foundation, sebuah organisasi untuk menghubungkan para mahasiswa di tingkat internasional dan bekerja pada sebuah projek.

Karir Colin Huang

Saat masih berada di bangku kuliah, Colin magang di kantor Microsoft Beijing dan berhasil meraih 6000 Yuan pertamanya. 

Gajinya merupakan nilai yang cukup besar, bahkan melebihi gaji dari orang tua. Setelah lulus pada tahun 2004,  Colin mendapat tawaran dari Microsoft, IBM, dan Oracle.

Namun pada akhirnya Colin Huang memilih bekerja di Google sebagai engineer. Setelah bekerja hingga tahun 2007, Colin Huang memilih kembali ke Tiongkok.

Dan memulai marketplace bernama Ouku,  di tahun 2010 Ouku akhirnya dijual ke perusahaan yang lebih besar. 

Apakah berhenti disitu saja? Tidak. Colin Huang akhirnya mendirikan Leqi dan Xunmeng.  Baru setelah itu membangun Pinduoduo. 

Dari Pinduoduo inilah Colin Huang menjadi perusahaan  yang cukup sukses dan melejitkan nama Colin Huang. 

Tahun 2018, Pinduoduo memiliki lebih dari 200 juta pengguna yang ada di Tiongkok. Bulan Juli 2018, Pinduoduo melantai di NASDAQ dan berhasil meraih 1.6 Miliar USD. 

Kabarnya menjadi IPO terbesar ditahun 2018 dan menjadi pesaing ketat dari JD.com dan Alibaba.