Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Mengatur Duit ala Raditya Dika

15 Tips Mengatur Duit ala Raditya Dika

Penamorf  -  Mengatur duit ala Raditya Dika sepertinya jadi salah satu bahasan yang cukup menarik. Siapa yang tidak tahu bang Radit (sapaan akrab Raditya Dika)?

Beliau merupakan seorang comedian, penulis, youtuber, dan sutradara. Saat ini setau admin Pena, bang Radit aktif menjadi Youtuber.

Konten Youtubenya sendiri cukup menarik. Dan yang sering admin tonton adalah konten yang berkaitan dengan dunia finansial. 

Salah satu video yang membuat admin tertarik adalah tentang tips mengatur duit ala Raditya Dika. Ini dia detailnya :

1. Beli Barang Untuk Diri Sendiri bukan Orang Lain

Barang kebutuhan setiap manusia memang berbeda-beda. Yang disayangkan saat ini adalah beberapa barang menjadi status sosial. 

Contohnya pengguna  iPhone dikenal sebagai orang kaya. Padahal belum tentu. Beberapa orang mengejar pengakuan sampai memaksa membeli iPhone. 

Untuk pelajaran yang satu ini, kata bang Radit "belilah barang untuk diri sendiri, bukan orang lain"

2. Waktu adalah teman terbaik untuk investasi

Nilai keberhargaan uang lebih tinggi sekarang dibandingkan dengan tahun depan. Dan hal itu memang betul adanya. 

Menurut bang Radit, sebaik-baiknya investasi adalah investasi yang dilakukan sekarang. Semakin lama waktu untuk investasi, semakin besar juga keuntungan yang didapat dimasa depan.

3. Uang Masuk harus lebih besar dari uang keluar

Ini merupakan aturan umum. Kata bang Radit, wajib hukumnya uang masuk lebih besar bila dibandingkan dengan uang keluar. 

Apabila uang keluar lebih besar dibanding dengan uang masuk. Artinya kondisi finansial sedang tidak sehat. Untuk mengatasinya cari sumber penghasilan lain dan buang pengeluaran yang tidak perlu.

4. Tidak mau hutang dan tidak mau dihutangi

Sikap orang dalam perutangan itu berbeda. Namun bagi bang Radit, hutang merupakan salah satu yang cukup dihindari. 

Baginya tidak mau hutang dan tidak mau dihutangi. Alasan tidak mau dihutangi adalah karena tidak mau merusak petemanan.

5. Hutang untuk yang nilainya bertambah

Dalam video youtube bang Radit yang durasinya tidak sampai 40 menit. Dirinya mengungkap bahwa jangan pernah hutang untuk  membeli mobil. 

Kenapa? karena  mobil nilainya akan selalu turun akibat depresiasi. Bang Radit menyarankan untuk hutang pada hal produktif atau nilai asetnya naik. Sebut saja seperti memperluas bisnis, membeli rumah, membeli sebidang tanah, dan lain-lain.

6. Bayar cash  

Bang Radit juga menjelaskan bahwasanya rasa sakit yang ditimbulkan saat mengeluarkan uang cash ternyata lebih terasa. 

Dibandingkan dengan m-banking, kartu debit/kredit, digital wallet. Dengan membayar secara cash, ada perasaan untuk berhemat dan hati-hati dalam mengeluarkan uang.

7. Fokus pada penghasilan (Gaji tidak= penghasilan)

Raditya Dika mengatakan bahwa gaji itu berbeda dengan yang namanya penghasilan. Gaji merupakan salah satu penghasilan yang didapat dari pekerjaan dibawah naungan perusahaan atau orang lain. 

Sedangkan penghasilan lingkupnya lebih luas. Entah penghasilan dari bisnis, dari freelance, dari pekerjaan sampingan, dan lainnya. 

Menurut bang Radit fokuslah pada peningkatan penghasilan. Bukan meningkatkan gaji. Meningkatkan gaji bisa tapi perlu meningkatkan jabatan.

8. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran

Untuk menjadi orang yang merdeka secara finansial ada satu prinsip yang harus dipegang. "Penghasilan boleh meningkat tetetapi pengeluaran jangan meningkat juga"

Makannya jangan kaget kalau orang kaya diluar sana berpenampilan biasa saja. Karena banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran.

9. Punya Budget

Bang Radit juga menegaskan dalam videonya, budgeting itu penting. Kesalahan orang umur 20-an adalah tidak memiliki budgeting. 

Budgeting untuk apapun itu. Mulai dari untuk konsumsi, hiburan, asuransi, investasi, dan berbagai post untuk mencapai tujuan finansial

10. Keluarkan uang untuk pengalaman ketimbang membeli barang

Membeli barang untuk memenuhi kebutuhan sah-sah saja. Tapi kalau sekedar keinginan, lebih baik pertimbangan lagi. 

Menurut bang Radit, keluarkanlah uang untuk pengalaman. Pengalaman apapun itu mulai dari traveling, upgrade diri, makan bersama keluarga/kawan, seminar saham, dan pengalaman positif lainnya

11. Beli Barang tergantung cost of use dan berkualitas

Bang Radit saat membeberkan tips mengatur duirnya adalah membeli barang dengan memperhatikan cost of use.

Apa itu cost of use? cost of use adalah memperhitungkan seberapa banyak  biaya yang  akan dikeluarkan pada setiap pemakaian barang. 

Bang Radit bilang lebih baik beli barang berkualitas, harganya mahal, tapi awet hingga bertahun-tahun. Daripada harga murah tapi jangka pemakaiannya pendek. 

12. Belanjalah sendirian

Belanja sendirian juga masuk daftar 15 tips mengatur duit ala Raditya Dika. Menurut komedian tersebut, belanja dengan seorang teman bisa lebih boros. 

Admin yakin belanja dengan teman isinya bisa juga hasutan. Entah menghasut untuk membeli barang yang lebih mahal, hingga menghasut membeli banyak barang karena ada diskon.

13. Bayar pajak dan donasi

Membayar pajak merupakan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Dengan membayar pajak maka sama saja dengan berkontribusi kepada negara.  Dimana pajak tersebut juga akan memberikan manfaat kita sebagai masyarakat Indonesia

Lalu bagaimana dengan donasi?  Menurut Raditya Dika,  dengan donasi ada kebahagiaan tersendiri. Ada rasa bahwa diri kita menjadi lebih berharga karena telah menyisihkan uang untuk membantu sesama.

14. Hubungkan uang dengan kebiasaan

Bila semenjak kecil menjadi pribadi yang boros, maka ketika dewasa juga akan terbentuk dengan demikian. 

Namun bisa dirubah perlahan. Jangan biasakan bila stress sedikit self reward dengan membeli kopi cantik atau barang branded. 

Intinya bangun habit yang baik dengan urusan keuangan. 

15. Temukan pasangan yang perilakunya terhadap uang itu sehat

Memang betul adanya bila pasangan hidup itu memiliki pengaruh besar  dalam hal finansial. Saat berkeluarga nanti keuangan bukan urusan sendiri tapi urusan bersama. 

Dengan memiliki pasangan yang memiliki gaya hidup yang cocok, pandai mengatur finansial, dan tidak boros tentu akan sangat membantu dalam keuangan keluarga.


Itu dia pembahasan mengenai  tips mengatur duit ala Raditya Dika.  Admin yakin, beberapa insight dari bang Radit akan sangat membantu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa tonton video lengkap milik bang Radit :