Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil dan Kisah Sukses Gautam Adani

Profil dan Kisah Sukses Gautam Adani


Penamorf -  Gautam Adani per September 2022 dinobatkan menjadi orang terkaya kedua di dunia versi Forbes  Realtime Billieonaires. Gautam Adani hanya berada satu tingkat di bawah Elon Musk yang menjadi orang terkaya di dunia saat ini. 

Tentu Gautam Adani menjadi tokoh kebanggaan India. Namanya berhasil menggeser tokoh  seperti Bernard Arnault, Warren Buffet,  Bill Gates, dan Jeff Bezos.

Lalu bagaimana profil dan kisah sukses Gautam Adaniz? Berikut adalah detailnya

Profil Gautam Adani

Nama Lengkap                                            Gautam Shantilal Adani 
Nama Populer                                              : Gautam Adani 
Tempat dan Tanggal Lahir                           :  Ahmedabad, 24 Juni 1962
Kebangsaan                                                  : India
Pendidikan                                                   : Gujarat University (dropped out)
Posisi                                                            : Founder Adani Group
Istri                                                                : Priti Adani 

Kisah Sukses Gautam Adani

Latar Belakang Keluarga  Gautam Adani 

Gautam Adani terlahir dari keluarga pebisnis berdarah Gujarati-Jain. Ayahnya bernama Shantilal Adani merupakan pebisnis tekstil yang cukup terkenal di Ahmedabad. 

Ibunya sendiri bernama Shanta Adani. Gautam Adani meiliki 7 saudara kandung. Istri dari Gautam Adani, Priti Adani merupakan seorang dokter gigi  di sebuah rumah sakit. 

Gautam Adani memiliki 2 orang anak bernama Karan Adani dan juga Jeet Adani. Kedua anaknya saat ini menjabat sebagai CEO di perusahaan yang menjadi bagian dari Adani Group.

Pendidikan Gautam Adani 

Dilansir dari Starsunfolded.com, Gautam Adani menempuh pendidikan di SMA Sheth Chimanlal Nagindas Vidyalaya di Ahmedabad, India.

Sejak kecil, Gautam Adani tidak tertarik dan tidak menyukai hal-hal yang berbau akademis.  Setelah lulus SMA, Gautam Adani melanjutkan pendidikan tinggi. 

Dirinya menempuh pendidikan S1 di Gujarat University dengan mengambil jurusan marketing. Sayangnya di tahun kedua memutuskan untuk dropped out

Perjalanan Karir Gautam Adani

Setelah memutuskan dropped out  dari bangku kuliah, Gautam Adani memutuskan bekerja di kota Mumbai pada tahun 1978. Menurut Merdeka.com, Gautam Adani hanya membawa 100 Rupee India.

Sesampainya di Mumbai, Gautam Adani bekerja di  Mahendra Brother. Sebuah perusahaan jual beli berilian ternama di India.  Gautam Adani bekerja sebagai penyortir berlian selama 2-3 tahun. 

Diwaktu akhir menjelang resign, Gautam Adani memutuskan membuat perusahaan pialang berlian yang berpusat di Zavari Bazaar. 

Bisnis yang dijalankan Gautam Adani berjalan sukses. Di usianya yang ke-20, Gautam Adani berhasil menjadi jutawan.  

Tahun 1982, Masukhbhai Adani  (kakak laki-laki) mengajak Gautam Adani untuk menjalankan bisnis impor polimer primer (plastik) yang berpusat di  Ahmedabad.  Bisnis perusahaan impor ini menjadi gerbang utama seorang Gautama Adani mendirikan kerajaan bisnisnya. 

 6 Tahun setelahnya, pada tahun 1988 Gautam Adani mendirikan perusahaan ekspor bernama Adani Exports Limited. Tahun ini perusahaan tersebut dikenal sebagai Adani Enterprises Ltd. 

Perusahaan Adani Enterprises Ltd saat ini bergerak di bidang komoditas pertanian dan listrik. Tahun 1991, perusahaan ini berkembang sangat cepat.

Dua tahun setelahnya, pemerintah Gujarat pada 1993 mengundang perusahaan swasta untuk mengelola Pelabuhan Mundra. Dari sinilah Gautam Adani memiliki perusahaan APSEZ (Adani Ports dan Special Economic Zone Limited). 

Tidak puas dengan bisnis pelabuhan, Gautam Adani mendirikan Adani Power Limited pada 1996. Perusahaan itu bergerak dibidang pembangkit listrik swasta dan produsen tenaga surya terbesar di India. 

Tahun 1998, Adani Group resmi didirikan dan memiliki pusat bisnis di Ahmedabad, Gujarat, India. Himgga saat ini perusahaan Adani Group sudah memiliki banyak bisnis mulai dari gas, properti, bahkan hospitalitlity. 

Kekayaan Gautam Adani

Gautam Adani saat ini didapuk sebagai orang terkaya kedua di dunia versi Realtime Forbes Billionaire.  Kekayaannya saat ini bernilai 148 Miliar USD atau setara dengan Rp.2.250 Triliun.  Angka yang sangat fantastis. 

Dikenal sebagai Filantropis 

Kesenjangan sosial merupakan salah satu masalah yang dihadapi di seluruh penjuru dunia, termasuk negara India.  Gautam Adani dikabarkan pernah menyumbangkan uang sebanyak Rp.160 Triliun untuk mengatasi masalah sosial di India.