Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Biaya yang harus disiapkan setelah menikah

5 Biaya yang harus disiapkan setelah menikah


Penamorf -  Halo sobat Pena! Menikah merupakan salah satu goals bagi kebanyakan orang. Namun bukan berarti semua orang sudah pasti menikah ya. 

Menikah itu bukanlah perkara mudah. Pasalnya di beberapa kepercayaan, kalau bisa dilakukan hanya satu kali saja. Tidak lebih dari itu. 

Kira-kira apa saja si biaya yang disiapkan setelah menikah. Berikut adalah daftarnya : 

1. Biaya  Rumah Tangga 

Di nomor yang pertama adalah kebutuhan rumah tangga.  Biaya rumah tangga meliputi kebutuhan pokok. Mulai dari makan, pakaian, dan kebutuhan pokok lain. 

Biaya kebutuhan pokok bisa disiapkan dari gaji atau pendapatan sampingan lainnya. Pendapatan sampingan sebut saja seperti afiliasi marketing, freelance, dan lain-lain.

2. Biaya Hobi

Nomor selanjutnya adalah biaya hobi. Biaya ini memang tidak wajib, tapi bayangkan kalau tidak memiliki budget untuk hobi. 

Bisa-bisa stress semakin menumpuk. Karena hobi merupakan salah satu  cara untuk melampiaskan stress selain olahraga. 

3. Biaya Pendidikan Anak

Di nomor selanjutnya adalah biaya pendidikan anak. Pendidikan merupakan salah satu gerbang menuju kesuksesan. 

Buatlah anggaran untuk pendidikan awal anak. Syukur bisa merencanakan pendidikan anak mulai dari seklolah dasar sampai pendidikan tinggi. 

Untuk mempermudah menyiapkan biaya pendidikan, bisa juga menggunakan program asuransi pendidikan swasta. 

4. Biaya Travelling

Travelling bagi beberapa orang mungkin tidaklah penting. Tapi travelling bukan hanya sekedar  melepas stress. Melainkan untuk mengukir memori. 

Biaya travelling bisa disiapkan  sesuai waktu traveling yang akan diagendakan. Kamu bisa baca artikel "ngumpulin duit untuk travelling, caranya?" untuk referensi mengumpulkan budget untuk jalan-jalan. 

5. Biaya Darurat 

Di nomor terakhir adalah biaya darurat. Yap, biaya darurat merupakan salah satu biaya penting yang nantinya digunakan saat-saat kondisi darurat. 

Dana darurat sendiri besarannya tergantung kondisi. Bila berkeluarga dan belum punya anak, minimal 9x dari pengeluaran. Sedangkan bila berkeluarga dan sudah beranak minimal 12x dari pengeluaran. 

Itu dia 5 biaya yang harus disiapkan setelah menikah. Sobat Pena juga bisa menyiapkan pos biaya tersendiri. Misalkan biaya kesehatan, biaya renovasi, biaya usaha dll. 

Sekian dan Terimakasih, smeoga berguna :)