Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngumpulin duit buat travelling, Caranya?

Ngumpulin duit buat travelling, Caranya?

Penamorf - Hari gini nggak traveling rasanya pasti hampa banget. Apalagi setelah dikurung karantina covid + kerja dari rumah  yang lamanya kurang lebih hampir 1 tahun. 

Dulu pas trend dalgona dikocok kayaknya masa-masa stress. Berita wuhan sliweran, belum lagi pemberitaan corona masuk Indonesia bikin gelagapan banyak orang. 

Sekarang di tahun 2023, masa-masa itu akhirnya terlewatkan juga. Semua mulai kembali normal, seiring berjalannya vaksin yang dilakukan secara bertahap oleh pemerintah. 

Saat ini travelling sudah bisa dilakukan dengan bebas. Tanpa hambatan, tanpa PPKM, asalkan sudah vaksin , traveling kemanapun past lets go

Bicara duit buat travelling, masing-masing orang pada dasarnya punya cara tersendiri. Nah berikut adalah cara ngumpulin duit buat travelling : 

1. Pilih Destinasi Wisata 

Langkah pertama sebelum ngumpulin duit, ya jelas pilih destinasi terlebih dahulu. Mau luar negeri, mau dalam negeri, yang penting paham aja tempat yang bakal dikunjungi. 

Mulai dari spot wisatanya, kulinernya, penginapan yang dipilih, moda transportasi, dan masih banyak lagi. 

2. Kalkulasikan budget primer 

Langkah selanjutnya adalah kalkulasikan budget primer. Budget primer adalah budget yang sudah jelas nanti dikeluarkan untuk hal-hal pokok. 

Misalkan budget untuk transportasi, budget untuk penginapan, dan juga budget untuk makan. Semua merupakan kebutuhan primer yang harus ditotalkan dan diutamakan terlebih dahulu. 

3. Kalkulasikan budget sekunder

Budget sekunder itu meliputi apa saja si? Budget sekunder merupakan budget yang disiapkan untuk hal-hal yang tidak wajib. 

Misalkan budget sewa kamera, budget sewa kendaraan mobil/motor, budget oleh-oleh, dan budget lainnya yang tidak terlalu wajib. 

4. Tentukan hari  berangkat, durasi menginap, dan juga pulang. 

Menentukan hari libur itu penting. Ya naik turunnya harga tiket, harga penginapan, dll juga melihat musim. Biasanya kalau musim peak season harga akomodasi akan naik sedikit . Pas lebaran juga sama, semua akan naik perlahan. 

Berbeda dengan hari-hari biasa, harga tiket ataupun penginapan pasti tidak begitu mahal. Dari sini kita bisa memastikan berapa banyak yang akan dihabiskan saat liburan nanti. 

5. Mengumpulkan uang untuk liburan

Setelah planing dan mencatat budget yang akan dihabiskan untuk liburan.  Selanjutnya jelas menyiapkan budgetnnya. 

Gimana si cara ngumpulin duit buat travelling : 

A. Sisihkan Gaji

Cara lama untuk mengumpulkan budget buat travelling adalah dengan menyisihkan gaji. Misal akhir tahun 2023 mau pergi ke Thailand. 

Bisa sisihkan gaji sekitar 750.000 per bulan. Kalau dihitung selama 12 bulan, berarti ada sekitar  9 jutaan. 

Uang 9 juta cukup lah liburan di ibukota Thailand, Bangkok selama 5 hari. 

B. Freelance  

Selain dari kerjaan utama, Freelance juga salah satu sumber untuk ngumpulin duit buat travelling. Ye..... lumayan juga kalau freelance di situs Upwork atau Fiver. Klien dari luar negeri, gajinya juga dollar. 

Asalkan punya skill yang mumpuni, sudah pasti bisa lah punya portofolio dan juga client dari luar negeri. 

C. Afiliate Marketing 

Selain freelance dan menyisihkan gaji, bisa juga dengan Affiliate Marketing. Saat ini banyak sekali program affiliate marketing.  

Mau gabung TikTok Affiliate, mau gabung Tokopedia Affiliate, atau afiliasi marketing yang diadakan oleh perusahaan lain

D. Jualan 

Salah satu cara yang bisa dilakukan  untuk menambah dana travelling adalah dengan jualan. Ya jualan online saat ini cukup menghasilkan juga. 

Live  di sosial media semacam TikTok juga bisa digunakan untuk jualan online.  Saat ini jualan produk apapun bisa menghasilkan. Asalkan siap bersaing. 


Yap itu dia cara ngumpulin duit buat travelling.  Supaya tidak kaget, siapkan juga dana darurat khusus traveling.  Karena traveling bisa saja mengalami hal hal yang tidak terduga.