Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pekerjaan Gaji Besar Tanpa Gelar S1

Pekerjaan Gaji Besar Tanpa  Gelar S1

Penamorf -  Pekerjaan dengan gaji besar merupakan idaman bagi semua orang. Untuk mendapatkan pekerjaan yang gajinya besar tentu ada pengorbanan. 

Entah pengorbanan waktu, pengorbanan biaya pendidikan,  pengorbanan mental menghadapi ujian, dan lain-lain. Intinya pekerjaan dengan gaji besar itu bukanlah hal yang mudah.  Ada pengorbanan besar yang harus dilakukan. 

Di era digital, gelar S1 bukanlah  hal yang utama.  Yang wajib ada adalah skill, portofolio, dan juga networking. Namun, di sisi lain juga ada kok pekerjaan non digital yang tidak mengandalkan gelar S1 juga. 

Berikut adalah 7 gaji besar tanpa gelar S1 : 

1. Pilot

Pilot merupakan pekerjaan gaji besar tanpa  gelar S1 yang berisiko.   Mengemudikan pesawat dengan membawa penumpang bukanlah hal yang gampang. 

Perlu sekolah penerbangan, fisik dan mental yang prima, dan juga kecakapan yang tinggi. Dari ujung rambut sampai ujung kaki, seorang pilot selalu diperhatikan dan selalu diperiksa. 

Untuk menjadi pilot tidak perlu sekolah S1 di universitas. Melainkan perlu mengikuti sekolah khusus penerbangan yang membutuhkan biaya tidak sedikit.  Gaji yang didapat juga paling sedikit minimal 2 digit. Apalagi di maskapai bonafit baik itu internasional maupun nasional, gajinya pasti lebih dari cukup. 

2.  Profesional Chef

Bagi kamu yang memiliki hobi memasak, menjadi chef bisa menjadi salah satu jalan untuk meraih pekerjaan gaji besar tanpa  gelar S1 

Untuk menjadi chef bisa dimulai dengan sekolah D1 perhotelan. Pilih jurusan cook atau Food product. Biasanya setelah lulus langsung disalurkan ke hotel atau restoran. 

Saat pertama gabung mungkin gajinya tidak langsung besar, karena untuk menjadi  profesional chef membutuhkan waktu yang cukup lama. 

3. Afiliate Marketer 

Ada nih 5 program afiliasi terbaik di Indonesia yang bisa di coba.  Menjadi afiliate marketer merupakan pekerjaan selanjutnya yang bisa mendapatkan gaji besar tanpa gelar S1. 

Namun, untuk menjadi  afiliate marketer yang berhasil perlu jam terbang yang tinggi. Karena untuk membangun kolam  atau channel memerlukan waktu. 

Bisanya seorang afiliate marketer menggunakan sosial media untuk membuat channel markertingnya, Fee yang didapat tergantung dari penjualan produk. 

4. Pebisnis 

Menjadi pebisnis juga tidak memerlukan ijasah sama sekali.  Saat ini bisnis itu banyak bidangnya. Mau skincare, makanan, fashion, elektronik, semua bisa jalan. 

Tinggal dipilih lalu jalankan mode online ataupu offline.  Pebisnis tidak satu kali jalan langsung jadi. Melainkan bisa gagal berkali-kali, jatuh bangun, baru langsung settle setelah jalan beberapa tahun. 

5.  Programmer 

Salah satu pekerjaan yang paling banyak demand nya saat ini adalah  programmer. Tumbuhnya startup digital dan digital agency membuat programmer banyak dibutuhkan

Untuk menjadi programmer bisa dilakukan secara otodidak ataupun bisa mengikuti bootcamp. Benefit otodidak bisa dilakukan secara mandiri. Sedangkan  untuk bootcamp, benefit lainnya adalah bisa disalurkan kerja. 

Gaji programmer profesional bisa dua digit. Tergantung jabatan, jam terbang, dan juga perusahaan.  

6. Graphic Designer

Selanjutnya adalah graphic designer.  Desain grafis merupakan pekerjaan legit selanjutnya. Tanpa gelar S1, seorang graphic designer juga bisa mendapatkan  pundi pundi uang. 

Caranya adalah dengan memperbanyak portofolio baik itu di sosial media, atau situs khusus seperti behance.  Selanjutnya bergabung dengan situs freelance seperti upwork, fiver, ataupun situs freelance lainnya. 

7. Masinis 

Saat ini menjadi bagian KAI dengan jabatan masinis tidak membutuhkan gelar sarjana. Untuk menjadi masinis biasanya kualifikasi yang dibutuhkan hanya lulusan SMA Ipa ataupun SMK Teknik. 

Apakah seorang sarjana tidak bisa? jawabannya bisa. Namun, tetap yang dipakai ijasah saat SMA ataupun SMK. Gaji seorang masinis berkisar 2 digit. 

Selain 7 pekerjaan diatas, ada juga pekerjaan gaji besar tanpa  gelar S1  Sebut saja seperti blogger, youtuber, UI/UX designer, pekerja pabrik, dan masih banyak lagi. 

Apapun pekerjaanmu saat ini. Nikmati saja, jalani..., dan syukuri :)