Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah cegah menganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah

5 Langkah cegah menganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah

Penamorf -  Menganggur adalah kata yang menakutkan bagi pekerja yang saat ini sudah memiliki pekerjaan. Baik itu yang bekerja di pemerintah ataupun di perusahaan swasta, pasti

Status pengangguran juga bukanlah status yang baik di mata keluarga dan  masyarakat. Apalagi bila posisinya di desa, bisa jadi bahan nyinyiran tetangga. 

Status pengangguran bisa terjadi saat orang baru lulus dari pendidikan atau mengalami PHK. PHK di tahun 2022-2023 terjadi bertubi-tubi. Alasannya karena resesi ekonomi. 

Jadi bukan hal yang mengagetkan kalau startup melakukan perampingan karyawan.  Sebut saja startup seperti  Zenius, GoTo, Binar Academy, dan startup lainnya masif melakukan perampingan karyawan. 

Bagi kamu yang ingin mencegah diri supaya tidak menganggur, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 5 Langkah cegah menganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah :

1. Freelance

Yap salah satu langkah cegah menganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah adalah dengan ngefreelance. Enaknya lahir di era 4.0 adalah freelance bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. 

Enaknya kalau ngefreelance bisa dapat klien luar negeri. Gajian bisa dolar, dan bisa kerja sesuai hobi.  Sisi lainnya sebagai freelancer adalah harus aktif membuat portofolio dan juga aktif  cari klien. 

2. Gunakan Network  di real life 

Saat PHK atau baru lulus (fresh graduate) bisa banget gunain network di real life.  Bisa tanya temen ada loker. 

Syukur kalau punya temen yang jabatannya HRD. Wah  bisakan lobi-lobi pakai orang dalam. Kan lumayan mempersingkat jalan. 

3.  Bangun Bisnis pas kerja atau kuliah

Bisnis merupakan salah satu hal yang bisa dijalani sebagai pekerjaan sampingan. Selagi masih bekerja, bisa banget nyambi dengan jalanin bisnis. 

Mau bisnis online, buka clothingan, buat bisnis digital, dan lain-lain. Intinya dengan nyambi pekerjaan online, setidaknya bisa ada penghasilan tambahan. Jadi kalau PHK atau baru lulus kuliah, setidaknya ada bisnis yang bisa dijalankan. 

4. Turunin Gengsi, loker apa aja hajar

Salah satu cara supaya tidak nganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah adalah dengan menurunkan gengsi. 

Kerjakan apapun yang ada. Nggak  masalah mau loker itu sifatnya hanya untuk anak SMA. Untuk sementara kerjakan yang ada dulu. Sambil mencari pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya. 

5.  Ikut Komunitas 

Dan yang terakhir adalah ikut komunitas. Salah satu cara  untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat adalah dengan ikut komunitas. 

Komunitas yang dimaksud itu komunitas yang bagaimana? Komunitas yang dimaksud adalah komunitas hobi ataupun komunitas profesi. 

Misalnya ikut komunitas digital marketing, komunitas desainer, komunitas editor, dan lain-lain. 

Itu dia 5 langkah cegah menganggur setelah PHK atau baru lulus kuliah. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.