Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Harus Disiapkan Mahasiswa sebelum lulus

5 Hal Yang Harus Disiapkan Mahasiswa sebelum lulus

Penamorf -  Menjadi mahasiswa adalah sebuah privelege. Yang mana menjadi sebuah keistimewaan tersendiri.  Di Indonesia kebanyakan orang memiliki latar belakang pendidikan SMA.  Prosentase orang yang berkuliah cukup sedikit. 

Mahasiswa diharapkan kelak ketika sudah lulus bisa berkontribusi dengan baik di hadapan masyarakat. Baik itu menjadi pengusaha, menjadi guru, dan profesi lainnya. 

Berikut adalah 5 hal yang harus disiapkan mahasiswa sebelum lulus : 

1. Pengalaman Organisasi

Pengalaman organisasi menempa mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang baik, berkolaborasi, menyelesaikan masalah bersama, membuat terobosan, dan masih banyak lagi. 

Pengalaman organisasi tidak perlu banyak. Cukup satu saja dan jadilah orang yang berpengaruh disana.  Kenapa nggak harus banyak? Karena percuma juga kalau jumlahnya banyak tapi hanya jadi staf biasa. 

Biasanya seorang HRD akan melihat  pengaruh apa yang dimiliki oleh kandidat dalam suatu organisasi. 

2. Join Kepanitiaan  

Apakah kepanitiaan itu penting bagi mahasiswa?  Jawabannya cukup penting. Kepanitiaan  pada event yang diadakan di kampus ataupun di luar kampus bisa mengasah kemampun dalam bekerjasama. 

 Beberapa orang menganggap kepanitian sangat tidak penting. Karena dinilai membuang waktu, merepoitkan, dan menghabiskan dana. 

3. IPK 

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai yang diberikan dosen dan biasanya diakumulasikan setiap semesternya. 

IPK jangan diremehkan dan jangan terlalu diutamakan.  Alasannya, karena IPK sebagai bukti tanggung jawab semua mata kuliah. 

4.  Internship 

Magang menjadi salah satu sarana untuk mengimplementasikan apa yang dipelajari di kampus di dunia kerja. 

Magang  jadi salah satu hal yang paling diminati oleh mahasiswa saat ini. Banyak startup yang mulai membuka pemagangan bagi mahasiswa semester akhir. 

5. CV + LinkedIn

CV dan LinkedIn, keduanya harus dipercantik dengan pengalaman. Begitu juga dengan LinkedIn, bisa digunakan untuk pendekatan HRD. 

 CV adalah senjata untuk bertarung dengan kandidat lain. Jadi pastikan ada pengalaman yang relevan, supaya dilirik oleh HRD. LinkedIn juga bisa digunakan layaknya sosial media. Salingb terkoneksi dengan sesama alumni, dengan kakak tingkat, dan lain-lain. 

Yap itu dia  hal yang harus disiapkan mahasiswa sebelum lulus.  5 hal tadi sangat penting untuk masa depan.