Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang wajib dicoba sebelum usia 20 tahun

5 Hal yang wajib dicoba sebelum usia 20 tahun

Penamorf -  Usia sebelum 20 tahun merupakan usia dimana mengalami peralihan. Dari kondisi remaja menuju dewasa. 

Bukan hanya tuntutan untuk bisa menghasilkan uang dan mandiri. Melainkan ada progres secara mental dari kekanak-kanakan menjadi dewasa. 

Supaya hidup tidak tergelincir di usia sebelum 30 tahunan.  Ada baiknya melakukan 5 hal ini sebelum usia 20 tahunan  : 

1. Mencari Bakat

Bakat merupakan anugerah yang ada pada setiap orang. Sayangnya tidak semua orang berhasil menemukan dan menggunakan bakat itu untuk hidup. 

Sebelum usia 20 tahun ada baiknya mencoba banyak hal dan berusaha menemukan bakat.   Bakat yang diasah juga bisa mengantarkan seseorang untuk lebih mandiri. 

Misalkan punya bakat menggambar, bisa menjadi seorang graphic designer. Pandai ngomong, bisa jadi seorang MC. dan masih banyak lagi. 

2. Banyakin Relasi 

Network adalah kunci dalam hidup.  Tanpa Network artinya hidup kita tidak bisa berfungsi sebagai bagian dari masyarakat.

Semakin banyak relasi maka semakin banyak rezeki. Usahakan memiliki relasi yang tidak membuatmu stuck. Melainkan memiliki relasi yang bisa membuat diri berkembang. 

3. Travelling 

Hal selanjutnya untuk dicoba sebelum usia 20-an adalah travelling. Travelling bisa menambah rasa semangat untuk hidup. 

Selagi masih muda, menjelajahi berbagai tempat adalah hal yang wajib. Menginjakan kaki di tempat yang asing, bertemu orang baru, menikmati kuliner ditempat baru, tentunya hal yang menyenangkan. .

4.  Belajar Skill Digital 

Skill digital merupakan salah satu skill yang  wajib dipelajari di era sekarang. Di usia sebelum 20 tahun, bisa mulai belajar fotografer, desain grafis, dan lain-lain. 

Kenapa wajib dipelajari? Karena sudah pasti bakal terpakai. Mulai dari dokumentasi, membuat konten, dan masih banyak lagi. 

5. Jaga Kesehatan 

Kesehatan adalah kunci untuk melakukan segala aktifitas. Selagi masih muda usahakan kurangi rokok dan minum beralkohol. 

Perhatikan juga kesehatan mental.  Masih muda rentan  dengan anxiety, stress, dan lain-lain. Karena ada tuntutan untuk menjadi dewasa, bekerja, dan masih banyak lagi. 

 Yap itu dia 5 hal yang wajib dicoba sebelum usia 20 tahun. Usia tersebut sangatlah penting untuk mengembangkan diri. Sekian dan Terimakasih