Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Menjadi Blogger Masih Legit di Masa AI ?



Penamorf -  Blogger merupakan profesi digital yang paling tua di dunia perkontenan. Sebelum ada Youtuber, Selebgram, TikToker, blogger sudah ada duluan. 

Banyak nama yang tumbuh besar karena menjadi blogger. Sebut saja Bena Kribo, Raditya Dika, Iwan Banaran, dan masih banyak lagi. 

Saat ini mereka semua sudah tidak terlalu aktif  di blog lagi, melainkan sudah hijrah menjadi Youtuber. Membuat konten dalam bentuk video. Alasannya karena saat ini banyak yang mengkonsumsi informasi dalam bentuk video. 

Blogger dari masa ke masa 

Sebetulnya ngeblog dari waktu ke waktu semakin berubah. Dahulu di tahun 2010an, membuat blog adalah hal yang privelege. 

Alasannya karena internet belum menyeluruh saat itu. Menurut banyak sumber, mendapatkan uang dari blog kala itu hanya tinggal copy paste. Diedit sedikit langsung boom, bisa berada di laman pertama search engine. 

Ada juga blogger kawakan yang mengaku membuat blog lowongan kerja, tinggal copy paste. Share link di sosial media dan boom. Perbulan bisa mendapatkan gaji. 

Seiring berjalannya waktu, Google semakin banyak penggunanya. Dan algoritma Google juga semakin berubah. Lebih canggih dan lebih baik.

Jadi konten blog yang serba copy paste bisa langsung tersingkirkan. Ilmu SEO juga berubah mengikuti perubahan Algoritma. 

Search Engine Optimation  merupakan ilmu penting dalam membuat artikel masuk pemeringakatan mesin pencari.

Gempuran Chat GPT dan sebangsanya 

Tahun 2023 adalah tahunnya Artificial Intellegence. Yap admin sendiri kaget, tahun dimana kecerdasan buatan semakin ada dimana-mana. 

Bayangkan idol KPOP girlband dan boyband sudah ada versi AI nya. Artinya tidak dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk virtual semua. 

Dan saat ini posisi sekelas Google juga terancam. Munculnya Chat GPT buatan Microsoft berhasil mendobrak rasa khawatir Google. 

Bayangkan hanya dengan membuat pertanyaan, Chat GPT bisa menjawab pertanyaan dengan akurat. Sangat akurat. Meski pertanyaan sama, namun jawabannya bisa berbeda dengan inti yang sama. 

Posisi Blogger  di masa Artificial Intelegent

Posisi blogger di masa AI sudah pasti akan terancam. Alasannya karena jawaban Chat GPT sangat akurat dan juga lebih ringkas. 

Berbeda dengan blog yang cenderung memiliki jawaban bertele tele. Kadang membuat pembaca malah pusing . 


Yap itu dia pandangan admin. Apakah menjadi blogger masih legit? Saat ini mungkin masih, tapi kedepannya belum tentu.