Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tools AI yang Wajib Digunakan oleh seorang Digital Marketer

8 Tools AI yang Wajib Digunakan oleh seorang Digital Marketer

Penamorf - Tools AI dalam bahasa Indonesia adalah alat kecerdasan buatan yang fungsinya untuk membantu pekerjaan manusia. 

Saat ini ada ratusan tools  AI yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.   Mulai dari yang membantu pekerjaan, menjawab pertanyaan, menemukan ide, dan masih banyak lagi. 

Bila sobat disini memiliki pekerjaan sebagai seorang digital marketer. Berikut adalah 8 tools AI yang wajib digunakan oleh seorang Digital Marketer. 

1. Chat GPT 

Mencari jawaban di masa depan sepertinya tidak lagi menggunakan search engine seperti Google. Tapi menggunakan tools yang ditanya langsung memberikan jawaban lengkap dan ringkas. 

Saat ini tools tersebut sudah muncul.  Namanya adalah Chat GPT. Pengguna tinggal bertanya dan jawabanpun muncul. Perintah seperti membuat konten juga bisa dikerjakan oleh Chat GPT. 

2. Answer The Public 

Sebagai digital marketer, kadang bingung membuat konten untuk feed Instagram ataupun video TikTok.  Salah satu Tools yang bisa digunakan untuk menyelesaikan kebingungan dalam mencari ide konten adalah Answer The Public. 

Banyak ide konten yang muncul hanya dengan mengetikan dua kata kunci di bagian search laman Answer The Public, 

3. Frase.io

Konten SEO biasanya digunakan oleh seorang digital marketer untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran search engine.  Salah satu tools AI yang bisa digunakan untuk membuat Artikel SEO  adalah Frase.io

Tools ini berbayar karena  konten SEO sendiri sangat penting bagi website  untuk meningkatkan trafic dari search engine. 

4. Soundful

AI juga sudah muncul untuk membantu konten kreator dalam membuat musik.  Nama toolsnya adalah Soundful. 

Seperti yang kita tahu music sangat dibutuhkan di berbagai konten. Mulai konten youtube, tiktok, instagram, dan masih banyak lagi. 

Soundful sendiri bisa dicoba secara gratis, namun untuk bisa menggunakan semua fitur harus berbayar. 

5. Grammarly 

Grammarly sering kelihatan  karena  menjadi tools AI yang rajin beriklan di banyak platform. Mulai  dari Youtube, Website, dan masih banyak lagi.

Grammarly merupakan AI yang digunakan untuk memeriksa tata bahasa dalam bahasa Inggris. Sejauh ini Grammarly bisa digunakan secara gratis. Namun, fitur yang lebih lengkap hanya bisa digunakan subscribing atau berbahaya. 

6. Ubbberduck

Tools AI dengan logo bebek ini membantu digital marketer untuk membuat text menjadi suara. Ubberduck sendiri memberikan masa percobaan bagi pengguna awal sebanyak  5 kali. 

Ada 3 jenis membership yang ditawarkan, yaitu : creator, clone, dan juga enterprise. Setiap jenis membership memiliki  kelebihannya sendiri. 

7. Benchmarkmail 

Salah satu hal yang kerap dikerjakan oleh seorang digital marketer adalah email marketing.  Email marketing saat ini bisa dikerjakan dengan bantuan Tools AI. 

Yang paling menarik adalah Benchmarkmail menawarkan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari  8 dollar perbulan sudah bisa digunakan. 

Apakah Benchmarkmail juga menawarkan  penggunaan gratis? Jawabannya adalah ya ada. Pengguna bisa menggunakan mode gratis dengan fasilitas terbatas. 

8. Steve Ai

Steve Ai menjawab kebutuhan seorang konten kreator yang malas membuat video. Konten kreator bisa  membuat video hanya dalam bentuk teks. 

Jadi tinggal ketikan script  video, baru setelah itu hasilnya langsung muncul dalam bentuk video. Enaknya menggunakan Setve AI adalah pengguna bisa memilih format video yang akan digunakan. 
Misal untuk video content instagram, youtube, dan lain-lain.


Yap itu dia 8 tools AI yang bisa digunakan oleh seorang Digital Marketer. Sekian dan Terimakasih.