Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Startup vs Korporat apa bedanya ?

 

Penamorf -  Bekerja adala sebuah kenikmatan bagi yang mengharapkan dan sebuah penderitaan bagi yang tidak mensyukurinya. 

Bekerja adalah sebuah ibadah bila  dilakukan dengan ikhlas dan hasilnya dibagi juga dengan keluarga. Saat ini bekerja itu bisa dilakukan  dimana saja. 

Bagi anak muda yang baru lulus, pekerjaan di sektor swasta itu terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah korporat dan yang kedua adalah startup. 

Perbedaan Startup dan Korporat 

Keberadaan startup saat ini menjamur di berbagai sektor. Ada yang bertahan dan ada juga yang gulung tikar. Begitu juga dengan korporat, mereka ada yang tetap menjadi produsen dan ada juga yang lenyap karena kalah saing atau karena operasional yang salah. Lantas apa perbedaan dari  startup dan korporat? Berikut adalah pembahasannya. 

Dari sisi definisi

Korporat atau perusahaan korporasi adalah perusahaan yang berdirinya jauh lebih lama. Biasanya sektor produksi barang-barang tertentu.  Misal PT.Astra Honda Motor, merupakan perusahaan yang bergerak sebagai produksi kendaraan bermotor. 

Startup atau perusahaan rintisan adalah perusahaan yang usianya masih baru dan kerap kali mengandalkan investor. Misalkan Tokopedia, perusahaan bergerak sebagai e-commerce.

Dari sisi bisnis 

Sebagian perusahaan korporat bergerak dibidang produksi. Misalkan PT AHM tadi, terus ada ANTAM, dan masih banyak lagi. Rata-rata memproduksi barang primer, sekunder, dan tersier. 

Di sisi yang lain ada juga startup. Startup sendiri perusahaan rintisan,sebagian besar bergerak dibidang jasa. Sebut saja seperti e-fishery, GoTo, dan masih banyak lagi. 

Dari sisi Market 

Target market perusahaan korporat biasanya sudah jelas. Market sudah stabil dan biasanya perusahaan tidak mengejar pertumbuhan target market. 

Beda dengan perusahaan start up. Target marketnya memang bisa dipetakan, namun tidak sejelas target market perusahaan korporat. Biasana startup mengejar pertumbuhan market. Akusisi konsumen, semakin tinggi maka semakin baik. 

Dari sisi jam kerja 

Dari sisi jam kerja, korporat memiliki jam kerja yang jelas. Biasanya lembur tetap dihitung dengan gaji lembur. Tidak ada overtime yang tidak dibayar. 

Sedangkan, untuk jam kerja di startup. Biasanya startup terkenal dengan pekerjaan yang sangat flexible dan bisa bekerja dimanapun. 

Apa kelebihan bekerja di startup dibandingkan di korporat?

Bekerja di startup memang keren. Karena bisa memiliki banyak pengalaman. Bisa menghandle pekerjaan divisi lain. Dituntut serba bisa dan naik jabatan juga bisa lebih cepat. Selain itu sistem kerjanya juga bisa dilakukan secara remote. 

Apa kelebihan bekerja di korporat dibandingkan di startup?

Job desk sudah jelas merupakan ciri dari pekerjaan di korporat. Selain itu jam kerjanya juga  jelas. Gajinya sudah pasti. Bedanya kerja di korporat untuk naik jabatan memerlukan waktu. Karena posisi-posii strategis sudah pasti diisi oleh orang yang memiliki pengalaman lama di perusahaan tersebut. 

Itu dia pembahasan mengenai perbedaan bekerja di korporat dan di startup. Bagaimana? Mana yang akan kamu pilih? Startup atau Korporat?