Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan Milenial Soal Keuangan

5 Kesalahan Milenial Soal Keuangan

Penamorf -  Membahas keuangan memang tidak ada habisnya. Setiap generasi pada dasarnya  memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangan. 

Generasi milenial termasuk generasi yang selalu disorot  dalam mengambil keputusan keuangan.  Kenapa? Karena hidup di era konsumerisme.  Dimana godaan itu banyak dan pada akhirnya generasi milenial membuat banyak kesalahaan soal keuangan. 

Lantas apa saja  kesalahan milenial soal keuangan? Berikut adalah 5 kesalahaan milenial soal keuangan : 

1.  Tidak Tahu Kemana Uang Pergi 

Salah satu kesalahan milenial yang paling sering terjadi adalah  tidak tahu kemana uang yang didapat itu pergi.

Kenapa? Karena kebanyakan generasi milenial sering melakukan self reward tanpa disadari. Misalkan membeli kopi viral dan masih banyak lagi. 

2. Tidak mementingkan diri untuk membeli rumah

Rumah merupakan salah satu bagian penting dalam hidup untuk berteduh.  Bagi milenial, rumah seperti bukan kebutuhan. Mereka lebih mementingkan untuk self healing dengan jalan-jalan, atau membeli makanan enak. 

Padahal inflasi itu selalu naik dan harga properti juga selalu naik. Jarang terjadi harga rumah itu turun ataupun ambruk. Alasannya ketersediaan lahan di Jawa sendiri sudah semakin menyusut. 

3. Jebakan PayLater dan Pinjol

Paylater dan pinjaman online merupakan dua jenis akses kredit cepat saat ini. Rata-rata yang menggunakan kedua jenis kredit diatas adalah generasi muda. 

Kekurangan dari paylater dan pinjaman online adalah bunga dan biaya admin yang mahal. Belum lagi semua pinjol itu legal. Ada juga pinjaman online yang ilegal yang berbahaya.

4. Tidak suka membeli aset tetap 

Aset tetap adalah salah satu bagian dari harta yang bisa digunakan sebagai cadangan kekayaan.  Aset tetap wujudnya bisa dalam bentuk tanah, sebidang kebun, dan masih banyak lagi. 

Rata-rata milenial lebih menyukai  untuk membeli saham, crypto, dan instrumen investasi lainnya yang bersifat fluktuatif. 

5. Tidak membuat planning dana pensiun 

 Dana pensiun merupakan salah satu dana yang bisa digunakan untuk dihabiskan di masa tua. Dengan dana pensiun orang yang tidak produktif bisa menghabiskan waktu tanpa bekerja. 

Kesalahan generasi milenial adalah tidak menyiapkan dana pensiun.  Dana pensiun harusnya disiapkan jauh-jauh hari. 

Itu dia 5 kesalahan milenial soal keuangan. Apakah kamu termasuk generasi milenial? Semoga tidak melakukan 5 kesalahan diatas ya. Terimakasih