Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan kenapa orang kaya semakin kaya

 

Alasan kenapa orang kaya semakin kaya

Penamorf -  Hidup menjadi orang yang berkecukupan adalah mimpi banyak orang. Selain bisa mencukupi diri sendiri, menjadi orang berkecukupan juga bisa berbagi dengan banyak orang diluar sana. 

Fakta menariknya adalah saat ini orang kaya semakin kaya.  Terlihat saat pandemi kemarin, dimana banyak orang kaya yang kekayaannya semakin bertambah. Sebaliknya rakyat kecil semakin sengsara.

Namun fenomena ini sudah ada sejak lama. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kira-kira   bagaimana  bisa orang kaya semakin kaya? Berikut adalah jawabannya : 

1. Tahu peluang di setiap kesempitan 

Orang kaya bisa memanfaatkan kesempitan atau kondisi terdesak untuk tetap mencari cuan.  Bagi mereka mencari jalan keluar merupakan prioritas bila dibandingkan dengan mengeluhkan keadaan. Mereka rela memulai dari 0 lagi ketika badai menghantam kondisi ekonomi mereka. 

2.  Menunda kesenangan 

Salah satu hal yang membuat mereka yang kaya semakin kaya adalah menunda kesenangan.   Menunda  kesenangan atau delay gratification adalah salah satu cara  untuk meraih kesejahteraan finansial yang jauh lebih mapan. 

Mereka yang kaya jarang namanya membeli sesuatu yang tidak perlu. Baginya menghamburkan uang bukanlah hal yang bijaksana. 

3. Menambah banyak sumber income

Mengandalkan satu sumber income saja maka bila sumber income itu sudah mati, waspadalah. Orang kaya tidak akan mengandalkan 1sumber income saja. Mereka tidak akan membiarkan hidup dengan menggantungkan 1 sumber income saja. 

4. Menghargai waktu 

Orang kaya tidak akan pernah membuang waktunya dengan sembarangan.  Mereka akan berpikir konsekuensi bila tidak bisa menghargai waktu yang dimiliki. 

Seperti kata pepatah waktu adalah uang. Jika kamu menghamburkan waktu maka akan kehilangan banyak uang. 

5. Investasi leher ke atas 

 Orang kaya juga belajar bukan sekedar mendapatkan banyak uang. Melainkan belajar mengenai banyak hal. 

Mulai dari belajar networking, membaca buku self improvement, dan masih banyak lagi. Investasi leher ke atas ini dilakukan oleh orang kaya kapanpun dan dilakukan secara konsisten. 

6. Punya skill menjual

Skill menjual itu sangat penting. Kenapa orang kaya semakin kaya, jawabannya karena memiliki skill menjual. 

Dari semua kalangan orang kaya di Indonesia, backgroundnya sebagian besar adalah pengusaha. Tentu skill menjual itu sudah dilatih semenjak kecil. 

7.  Skill menggandakan uang

Uang merupakan salah satu aset liquid yang dibutuhkan semua orang. Banyak orang diluar sana membutuhkan uang dengan bekerja mati-matian. 

Orang kaya  punya skill menggandakan uang. Merek berinvestasi pada bisnis, reksadana, saham, dan instrumen investasi lainnya. 

Itu dia 7 alasan kenapa orang kaya semakin kaya. Semoga kita bisa berjuang untuk menjadi orang yang bebas secara finansial.