Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sendirian itu enak tapi pelan-pelan akan membunuhmu

Sendirian itu enak tapi pelan-pelan akan membunuhmu

Penamorf -  Sebagai manusia, kita adalah mahluk sosial. Hidup ini ternyata bukan tentang aku ataupun kita. Melainkan tentang mereka diluar sana. 

Sayang seribu sayang bila hidup kita dihabiskan untuk terus terusan sendiri. Bagi teman-teman disini, ada baiknya kita aware terhadap teman kita yang mengalami perubahan perilaku atau sikapnya. 

Yang tadinya ceria jadi penyendiri, dan lain-lain. Ketika ada seseorang melakukan banyak hal sendiri, artinya ada sesuatu. Kenapa dirinya melakukan hal itu.  Dan sebagai teman, ada baiknya kita tanya.

Sendirian itu enak, tapi pelan-pelan akan membunuhmu. Pernyataan ini memang benar 100%. Jadi jangan pernah jadi seorang penyendiri. Karena ketika sendiri, tidak ada perkembangan sama sekali. 

1. Sendiri tidak membuatmu maju dalam berpikir

Hidup ini sangat membutuhkan guru.  Dalam hal apapun. Bukan hanya guru di sekolah melainkan guru spiritual, guru bisnis, dan lain-lain. 

Jadi ingat bahwasanya kita hidup tidak bisa sendirian terus. Karena perlu bersosialisasi, perlu yang namanya guru dalam hidup. Supaya apa, supaya berkembang. 

2. Sendiri terus sudah pasti merasa kesepian 

Kesepian itu bukanlah hal yang enak. Karena sudah pasti merasakan hampanya hidup. Tidak ada canda tawa, yang ada terus-terusan flat alias datar. 

Kesepian sama saja dengan menghisap rokok sebanyak 15 batang dalam sehari. Dan itu bisa membunuh secara perlahan. 

3. Sendiri itu bisa membuat susah untuk berkomunikasi 

Komunikasi adalah salah satu skill wajib selama kita hidup di bumi. Tanpa komunikasi, maka kedekatan dengan orang lain tidak bisa dibangun. 

Komunikasi itu ibarat pedang. Jadi bila komunikasi yang dilakukan asal dan  salah, bisa membuat orang semakin menjauh. Itu baru komunikasi yang salah, kalau komunikasi tidak dilakukan sama sekali. Bagaimana mau maju ? 

4. Sendirian terus bisa bikin mental hancur

Salah satu hal yang perlu diketahui adalah kita hidup sudah pasti membutuhkan support system. Hidup serba sendiri sudah pasti tidak memiliki support sistem. 

Mental tidak bisa tertata dengan baik tanpa support sistem.   Ketika sedih, marah, benci bisa  berbagi cerita dengan orang lain. Kalau sendiri,,, bisa gila bukan.

5. Sendiri membuat kepribadian tidak terbentuk 

Yap dengan melakukan banyak hal sendiri sudah pasti tidak terbentuk kepribadiannya. Malah cenderung susah dewasa. Karena apa, karena masih menyimpan jiwa kekanak-kanakan.  Ketika banyak bergaul, jiwa akan terbentuk dengan baik. Karena bisa lebih dewasa dengan cepat. 

Bergaulah dengan siapapun. Tanpa pandang pilih, tanpa  harus melupakan orang di masa lalu. Baiklah untuk semua orang, karena kebaikan itu akan kembali pada dirimu.