Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali kebahagian semu dari 5 sumber dopamin instan

Kenali kebahagian semu dari 5 sumber dopamin instan

Penamorf -  Kebahagiaan biasanya didapat ketika tubuh memproduksi banyak hormon dopamin. Hormon dopamin sendiri biasanya timbul karena reaksi dari suatu kejadian atau kegiatan. 

Di era sekarang hormon dopamin sendiri bisa diakses secara instan.  Sayangnya dopamin instan sendiri bukanlah dopamin yang baik. 

Karena sifatnya instan jadi wajar mudah didapat dan mudah hilang.  Kebahagiaan instan yang didapat dari dopamin instan sifatnya sudah pasti bisa menjadi "toxic" atau racun.  Alasannya sudah pasti bisa membuat kecanduan. 

Berikut adalah 5 dopamin instan yang wajib diketahui dan intensitasnya  wajib di kontrol : 

1. Sosial Media

Melihat konten di sosial media merupakan hal yang menyenangkan. Konten yang membuat kita tertawa tersedia banyak disana. 

Dari lawakan, prank, hingga guyonan politik juga ada. Sayangnya konten hiburan kadang membuat kita lupa akan waktu.  Scroll scroll dan kehilangan banyak waktu. 

2. Games Online 

Games Online juga saat ini menjadi sebuah industri yang berkembang pesat. Banyak anak muda yang menjadikan game online sebagai sarana olahraga dan mencari penghasilan. 

Games online juga salah satu dopamin instan. Ketika kemenangan didapat disitu ada rasa puas yang membuat pemain merasa senang. 

Game Online juga merupakan sumber dopamin instan yang  saat ini banyak digandrungi kawula muda terutama remaja laki-laki. 

3. Video Poerno

Industri haram yang satu ini memang pasarnya sangat besar. Apalagi dnegan berkembangnya teknologi internet, industri yang satu ini banyak dikonsumsi oleh orang dewasa. 

Berdasarkan data internet, 2 dari 10 situs paling banyak dikunjungi di dunia adalah  situs yang berkaitan dengan video poerno. 

Dopamin dari video esk esek sifatnya juga instan.  Dan dampak yang paling parah adalah membuat seseorang tidak memiliki tujuan hidup. 

4.  Makanan Manis

Gula merupakan salah satu sumber  yang memberikan kebahagiaan. Namun di jaman saat ini banyak sekali gula buatan yang bisa merusak tubuh. 

Kebanyakan makan dan minum berbasis gula  bisa menyebabkan tubuh kecanduan gula. Memang makanan manis nikmat dan bisa membuat diri kita bahagia sementara, tapi efeknya tubuh juga  harus bekerja keras unutuk mengolah gula. 

5. Musik

Musik adalah hiburan yang sering digunakan oleh banyak orang dalam berbagai aktivitas. Entah itu berolahraga, menyetir, dan masih banyak lagi. 

Musik juga salah satu sumber dopamin instan. Kalau tidak bisa kontrol, musik akan menghabiskan waktumu tanpa sadar. 

Musik memang cocok untuk membangkitkan mood dikala down. Namun berlarut dalam musik adalah hal yang salah.