Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanda Bahwa Kamu Belum Mencintai dan Berdamai dengan diri sendiri

5 Tanda Bahwa Kamu Belum Mencintai dan Berdamai dengan diri sendiri

Penamorf -  Hidup bila dijalani tanpa mencintai diri sendiri rasanya seperti hambar, kosong, dan hampa. Bisa jadi rasa kekosongan dalam hidup adalah karena tidak bisa mencintai diri sendiri.  

Mencintai diri sendiri dengan narsisstik  itu berbeda. Mencintai diri sendiri bukan berarti menuruti ego yang tingginya selangit. 

Mencintai diri sendiri adalah sebuah proses penerimaan kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri.  Kegagalan dalam mencintai diri sendiri  bisa berujung pada kesehatan mental yang memburuk. 

Sebaliknya orang yang sudah berhasil mencintai diri sendiri akan terus bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik. 

Dibawah ini adalah 7 tanda-tanda  bahwa seseorang belum bisa mencintai dirinya sendiri : 

1. Menghapus foto yang sudah di posting di sosial media

Hidup di jaman dimana sosial media merupakan kehidupan kedua memang memiliki efek positif dan efek negatif.  Efek positif dari sosial media adalah bisa mengetahui berbagai informasi sekaligus terkoneksi kembali dengan teman.

Namun disisi lain ada efek negatif. Timbulnya insecurity, menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk scroll sosmed, dan berujung pada benci kepada diri sendiri. 

Salah satu tanda  kurang mencintai diri sendiri adalah  ketika memposting diri sendiri lalu menghapusnya kembali.   Entah karena faktor like ataupun faktor yang lain. 

2. People Pleaser 

Di nomor selanjutnya adalah menjadi people pleaser.  People pleaser merupakan orang yang selalu mementingkan orang lain. 

Biasanya berujung pada rasa cape karena tidak mempedulikan kepentingan sendiri.  People pleasure merupakan orang yang belum mencintai diri sendiri. 

Alasannya karena selalu ingin membahagiakan orang lain. 

3. Terlalu keras pada diri sendiri 

Hidup ini bukanlah tentang kaya atau miskin, nomor 1 atau bukan nomor satu. Tapi dalam hidup ini isinya tentang bahagia dan keberkahan.

Tanda belum mencintai diri sendiri adalah terlalu keras pada diri sendiri. Mengepush diri sendiri, menerapkan standar tinggi, lalu ketika gagal langsung down. 

Bayangkan menjalankan hidup dengan terlalu keras pada diri sendiri.Bagaimana kita bisa menikmati hidup? Keras pada diri sendiri tidak salah, tapi jangan lupa untuk mengapresiasi diri. 

4.  Takut mencoba dan takut gagal 

Kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Yang mana tidak ada seorangpun di dunia ini yang bisa menghindar dari sebuah kegagalan. 

Orang yang belum mencintai dirinya sendiri biasanya orang yang takut dengan kegagalan.  Kenapa? Karena dirinya tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Terlalu ragu-ragu  atas skill yang dimiliki. 

5. Sibuk membandingkan diri sendiri 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain untuk tumbuh dan berkembang bukanlah hal yang salah. Tapi bila membandingkan diri sendiri lalu menganggap dirimu lebih rendah dan memperbesar rasa insecure, itu artinya kamu belum mencintai diri sepenuhnya. 

Perasaan dan pikiran negatif akan mendominasi diri dan membuat diri menjadi sulit untuk bahagia. Maka dari itu ubahlah kebiasaan membandingkan diri dengan banyak bersyukur dan fokus perbaiki diri. 

Yap itu dia 5 tanda bahwa kamu belum bisa mencintai dan berdamai dengan diri sendiri. Usahakan selalu berusaha damai dengan diri sendiri. Sekian dan Terimakasih.