Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Belajar Bahasa Jepang Biar Makin Lancar

5  Cara  Belajar Bahasa Jepang Biar Makin Lancar

Penamorf -  Nihon Go  atau dalam bahasa Indonesia disebut bahasa Jepang. Merupakan salah satu bahasa dari puluhan ribu bahasa yang tersebar di seluruh dunia.  Saat ini penutur bahasa Jepang sendiri ada lebih dari 125 juta jiwa yang tersebar di berbagai tempat, termasuk diaspora Jepang. 

Bahasa Jepang sendiri termasuk dalam 10 besar bahasa  paling penting di dunia. Mengingat Jepang merupakan negara yang menguasai sektor teknologi, wajar bila Bahasa Jepang disejajarkan dengan bahasa Jerman, Perancis, Italia, Mandarin, dan Arab. 

Dalam beberapa bulan terakhir, admin pena sedang mempelajari Bahasa Jepang.  Menurut admin sendiri bahasa Jepang cukup menantang, asik, dan juga berhasil membuat repot.  

Kenapa? karena bahasa yang satu ini memiliki tata bahasa yang unik. Kalau kata admin mah sedikit acak adul. Karena ada yang bisa diterjemahkan dari awal kalimat, ada yang diterjemahkan dari tengah kalimat, dan ada juga kalimat yang diterjemahkan dari akhir kalimat. 

Berikut adalah 5 cara belajar bahasa Jepang biar makin lancar : 

1. Siapin modul belajar 

Ada banyak sumber belajar bahasa Jepang. Mulai dari internet, youtube, hingga belajar di LPK.  Dan belajar dimanapun itu pada dasarnya memerlukan modul belajar. 

Kebetulan admin sendiri belajar bahasa Jepang di LPK. Dan cara belajarnya memang wajib ditemani dengan beberapa modul. 

Modul yang biasanya digunakan diantaranya IM Japan, Minna Nihon Go, Marugoto. Ketiga modul itu punya kelebihan sendiri. 

2. Aktif Mendengarkan  Choukai dan latihan Kaiwa

Choukai dalam bahasa Indonesia adalah sesi mendengarkan, baik itu paragraf ataupun kalimat pendek.  

Kenapa wajib  aktif mendengarkan choukai?  karena mendengarkan native speaker  langsung itu tidak mudah. Belum lagi logat bahasa Jepang  itu berbeda-beda di setiap daerahnya. Makannya wajar untuk aktif mendengarkan choukai. 

Selain choukai  ada juga kaiwa. Kaiwa merupakan sarana untuk melatih diri dalam berbicara bahasa Jepang. Dalam bahasa Indonesia, kaiwa  memiliki arti percakapan. 

3.  Menghafal Kanji 

Beruntung tinggal di Indonesia yang menggunakan huruf Alfabet. Bahasa Jepang sendiri memiliki 4 jenis huruf. Yaitu Romaji, Hiragana, Katakana, dan Kanji. 

Kanji merupakan tantangan besar bagi anak sekolah Jepang. Kenapa? Karena ada lebih dari 2000 kanji yang digunakan. Supaya  lebih bisa menghafal kanji, setiap hari bisa meluangkan waktu untuk menghafal 5 atau 10 kanji. Syukur bisa latihan menulisnya juga. 

4. Merangkum Bunpo

Bunpo atau dalam bahasa Indonesia merupakan pola kalimat. Setiap bab baik di buku Minna, Marugoto, dan IM Japan pasti memiliki pola kalimat. 

Biasakan untuk merangkum dan membuat reibun  (contoh) masing-masing pola kalimat.  Kenapa? karena itu membuat kita terbiasa menghadapi banyak pola kalimat. Baik itu dalam bacaan ataupun pembicaraan. 

5. Konsisten Renshuu

Resnhuu, dalam bahasa Indonesia  disebut juga dengan latihan. Latihan yang dimaksud disini adalah kombinasi dari keempat yang diatas. 

Konsisten mengerjakan soal, mendengarkan chokai, menghafal kanji, dan merangkum bunpo. Untuk melakukan semuanya memang harus terjadwal dengan teratur dan wajib untuk disiplin. 

Yap itu dia 5 cara belajar bahasa jepang biar makin lancar. Supaya segera menguasai bahasa Jepang, jangan pernah menyerah. Ganbatte Kudasai !