Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perilaku ini ternyata tanda melakukan self sabotage

 

Perilaku ini ternyata tanda  melakukan self sabotage

Penamorf - Self Sabotage merupakan suatu tindakan yang sifatnya toxic pada diri sendiri. Self sabotage sendiri pada akhirnya membuat diri kita tidak bisa berkembang. 

Biasanya self sabotage dilakukan secara tidak sadar. Hal ini terjadi karena  adanya ketidakmampuan seseorang untuk menghadapi sesuatu dan tidak bisa melawan diri sendiri. 

Contoh perilaku yang menjadi tanda-tanda melakukan self sabotage : 

1. Sering mengatakan "tapi" untuk melakukan sesuatu

Admin yakin semua orang pernah melakukan ini.  Mengatakan "tapi" untuk kegiatan yang pada dasarnya menjadi tujuan.

Misalkan "ingin menyelesaikan bab 2 skripsi minggu ini, tapi mending diundur aja karena pembimbing lagi ada acara"

Kata-kata diatas merupakan tanda self sabotage. Karena tujuan yang tadinya memiliki power malah ditangkis dengan kata kata tapi . Hasilnya pekerjaan menyelasaikan skripsi malah tertunda. 

2.  Menyalahkan orang lain saat mengalami hal-hal buruk.

Pada dasarnya hal buruk yang terjadi memang bisa terjadi karena orang lain atau karena diluar kendali kita. Tapi ada juga hal-hal  buruk yang terjadi karena butntut panjang dari  perbuatan jelek yang dilakukan diri sendiri. 

Misalkan karena tidak bisa bekerjasama, karena anti kritik, karena tidak bisa menjaga ungkapan, dan masih banyak lagi. 

Orang yang melakukan self sabotage  biasanya tidak bisa disalahkan atas perbuatan jelek yang ia lakukan. Hasilnya orang tersebut tidak bisa melakukan intropeksi diri. 

3. Membiarkan emosi mengendalikan pikiran

Emosi merupakan bagian dari diri kita. Yang tentunya semua orang pasti memilikinya. Dan pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki kemampuan kontrol emosi yang berbeda-beda.

Salah satu self sabotage  yang cukup mematikan adalah membiarkan emosi menguasai pikiran. Emosi yang meledak-ledak, impulsive bisa membuat seseorang berperilaku jelek. 

Misal berkata kasar pada orang yang tidak tepat, membuat keputusan emosional, dan masih banyak lagi.

4. Overthinking 

Overthinking alias banyak pikiran biasanya dialami banyak orang. Tau ga si? Kalau overthingking merupakan salah satu  perilaku sabotase diri. 

Kenapa overthinking masuk kategori sabotase diri? Karena overhinking kerap kali tidak  menghasilkan apa-apa, menunda banyak pekerjaan, membuang waktu, dan membuat emosi kadang naik turun layaknya roller coster. 

5. Afirmasi Negatif atau Psimistik

Dialog batin harusnya dilakukan untuk  membangun harga diri menjadi lebih baik. Dan tentunya dialog batin yang positif bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Orang yang melakukan self sabotage sering kali melakukan afirmasi negatif yang sifatnya psimistik. Misalkan merasa tidak layak dan tidak yakin  untuk berhasil dalam meraih sesuatu. 

6. Takut Gagal 

Gagal adalah bagian dari proses. Dan manusia di muka bumi ini tidak ada yang selalu berhasil dalam menjalani hidupnya.  

Takut gagal adalah bentuk self sabotage yang mematikan. Kenapa? Karena dari takut gagal sendiri sudah pasti orang tidak akan mau mencoba untuk melakukan sesuatu.

Yap itu dia 6 perilaku tanda melakukan self sabotage. Semoga kamu sadar bahwa ada banyak hal sepele yang bisa merusak hidupmu.