Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pekerjaan yang tidak mengandalkan Ijasah

Pekerjaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Manusia sudah ditakdirkan oleh Tuhan untuk bekerja di dunia. Tidak jauh dari kepentingan mengisi perut dan juga mempersiapkan kehidupan di akhirat nanti.  Membicarakan pekerjaan, saat ini sudah banyak sekali jenisnya.  

Pekerjaan bisa terbagi menjadi beberapa jenis. Entah pekerjaan dengan skill khusus atau pekerjaan tanpa skill khusus. Untuk pekerjaan skill khusus biasanya perlu waktu dan uang untuk menguasanya. Sementara pekerjaan tanpa skill khusus hanya perlu menjual tenaga saja. 

Di era digital ada beberapa pekerjaan yang tidak mengandalkan ijasah. Berikut adalah daftarnya : 

1. Wirausahawan, tanpa ijasah SMA juga bisa

Wirausawan atau dalam bahasa gaulnya disebut enterpreneur merupakan pekerjaan diurutan pertama yang tidak perlu ijasah. Asalkan punya modal untuk buka usaha, pasti bisa. Saat ini ada banyak sekali orang-orang yang sukses karena memiliki tekad yang kuat menjadi enterpreneur.  Sebut saja Rico Huang, Vikram, dan lain-lain. 

2. Youtuber, bisa gajian dengan AdSense

Youtuber adalah orang yang membuat konten video dan menguploadnya di platfrom Youtube. Banyak anak muda yang  memiliki cita-cita menjadi  Youtuber. Pekerjaan ini sudah jelas tidak perlu ijasah. Yang penting punya kreatifitas dan juga mahir edit video. 

3. Desain Grafis, banyak proyek Dollar

Desain grafis, pekerjaan yang tidak mengandalkan ijasah

Kalau punya hobi gambar jadi seorang desain grafis tidak ada salahnya. Kalau belum memiliki tools seperti laptop, dan alat gambar lainnya. Usahakan nabung deh dan jangan lupa gambar manual dulu. Supaya skill gambar tetap terasah dan tidak kaku nanti. 

Di beberapa situs freelancer banyak sekali lowongan pekerjaan  desain grafis. Sebut saja situs Fiver, Sribulancer, Upwork, dll. Supaya dilirik oleh pembeli jasa, buatlah portofolio yang menarik. 

4. Blogger, bisa kaya sih tapi ribet

Sekarang banyak sekali orang pengin jadi Blogger. Setelah memulai ngeblog dan diterima Google AdSense, mereka malah ngeluh karena earningnya kecil. Memang menjadi blogger di Indonesia tidak banyak untung. Kecuali pengunjungnya banyak dan jumlah klik juga banyak. 

Kalau mau kaya dari ngeblog. Mending buat blog luar negeri. Karena nilai cpc luar negeri lebih tinggi. Bisa 5 x lipat dari yang ada di Indonesia. 

5. Freelance Fotographer, modal kamera dulu

Freelance Fotographer

Fotografer merupakan pekerjaan yang hubungannya dengan foto. Ya fotografer pasti menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Butuh jam terbang yang cukup lama agar menjadi fotografer profesional. Saat ini ada banyak sekali situs microstock. Sebut saja Pixabay, FOAP, dan lainnya. Kamu bisa menjual foto karyamu disana. 

Itu dia 5 profesi yang tidak perlu mengandalkan ijasah. Saat ini asalkan memiliki skill yang dibutuhkan, kamu bisa menjual skill tersebut. Sekian dan Terimakasih :)