Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan menulis di Medium

Kelebihan menulid di Medium

Membicarakan platfrom menulis di Internet tidak bakal ada habisnya. Karena menulis di internet bisa dilakukan  di berbagai platfrom. Mulai dari sosial media, forum, blog, hingga laman web tertentu. Salah satu platfrom menulis yang terkenal selain situs Quora adalah Medium.

Bedanya kalau Quora membayar orang yang bertanya. Kalau Medium akan membayar orang yang menulis didalamnya.  Ya tentunya Medium akan membayar orang yang menulis dengan niat dan hasil tulisan yang bagus. 

Sayangnya Medium tidak terkoneksi dengan Paypal. Medium lebih memilih Stripe sebagai platfrom pembayaran. Dan Stripe belum tersedia di Indonesia. Sedih kan... semoga saja kedepannya sudah bisa. Amin. Berikut adalah informasi tentang Medium :

1. Pendiri platfrom Medium.com

Medium didirikan pada tahun 2012. Pendirinya bernama Evan William yang sebelumnya seorang co-founder Blogger dan co-founder Twitter. Evan memiliki ide membuat suatu platfrom menulis lebih dari 150 karakter.  Saat ini jumlah karyawan Medium.com berkisar 50 sampai 200 orang. 

2. Apa saja yang bisa ditulis di Medium ? 

Sebenarnya hampir semua hal bisa ditulis di Medium.com . Bisa mencurahkan pendapat mengenai dunia politik, membuat artikel tentang kondisi ekonomi, atau bisa juga membuat cerpen yang menarik. Bisa juga membuat artikel tentang dunia pendidikan. Banyak deh, asalkan tidak melanggar ketentuan yang ada. 

3. Keuntungan menulis di Medium 

Kelebihan menulis di Medium

Menulis di platfrom manapun sebenarnya bisa membawa banyak keuntungan. Misalkan kalau membuat blog, nama penulisnya bisa terangkat karena tulisannya yang menarik. Lalu kenapa harus menulis di Medium, apa untungnya, ini dia : 

A. Memiliki DA/PA yang tinggi

Medium.com memiliki skor DA/PA yang sangat tinggi.  Dari skor 100 (DA) dan 100 (PA), Medium memiliki nilai 95 (DA) dan 81 (PA). Angka tersebut tinggi dikarenakan jumlah kunjungannya sebesar 8 juta per hari. 

B. Tampilan Sederhana

Medium memiliki laman menulis yang mudah dipahami. Beda dengan Wordpress.org yang sangat ribet karena harus mengatur banyak hal, mulai dari SEO, gambar, dll. Lain ceritanya dengan Medium, penulis bisa langsung fokus berkarya tanpa bingung mengatur lain-lain.

C. Tidak membayar domain dan hosting

Nah ini yang pasti. Biasanya banyak orang yang memiliki hobi menulis, tetapi masih ragu untuk mengeluarkan uang. Untuk platfrom Blog seperti Blogger dan juga wordpress.org, butuh domain agar alamat blog singkat. Bayangkan ada embel-embel blogspot.com atau wordpress.com, pastinya kurang profesional. 

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli domain atau hosting. Alangkah lebih baik menulis di Medium. Siapa tau bisa tergabung dengan Medium Partner Program. Dengan program tersebut bisa mendapat dollar. 

D. Indonesia memiliki saingan yang rendah

Masih jarang penulis lepas yang menggunakan platfrom Medium. Sebagian besar menulis di blognya sendiri-sendiri. Makanya saat ini untuk menulis di platfrom Medium cepat di halaman pertama Google. Alasannya ya karena Medium memiliki DA/PA yang tinggi dan ranking Alexa yang cukup tinggi. 


Yap itu dia  kelebihan menulis di Medium. Apapaun itu, jangan berhenti menulis dan tetap berkarya. Karena karyamu tidak akan habis meski sudah dimakan waktu