Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang wajib maba ketahui sebelum kuliah

hal yang wajib maba ketahui sebelum kuliah

Penamorf -  Kuliah merupakan  prevelige yang semua orang belum tentu merasakannya. Banyak yang diluar sana menginginkan untuk kuliah, tapi terkendala dengan berbagai macam hal. Mulai dari kendala ekonomi, jarak, hingga kendala mental. 

Dengan kuliah, maka akan ada banyak pengalaman baru. Selain mendapat pengalaman baru, setelah lulus nanti pekerjaan yang didapat juga menjanjikan masa depan. Tapi tidak menjamin kuliah itu nantinya sukses.

Perjuangan masuk perguruan tinggi itu ada berbagai macam. Salah satu yang paling familiar adalah UTBK.  Artikel tentang tips agar tidak gagal menghadapi UTBK, mungkin bisa membantu. Sebelum menjadi mahasiswa. 

Ada 5 hal yang wajib maba ketahui sebelum kuliah :

1. Kuliah bukan sekedar IPK dan gelar 

Bagi calon maba, kuliah itu bukan sekedar gelar saja. Apalagi membanggakan IPK yang tinggi atau cumlaude. Kuliah bukan sekedar dua hal itu saja, tapi ada hal yang lebih penting. Misalnya hardskill, karena banyak diluar sana yang IPK tinggi tapi skill sesuai jurusannya kurang. 

Selain hardskill ada juga softskill. Softskill ini nantinya akan berguna saat didunia kerja. Terutama bagaimana berhubungan dengan orang lain dan juga memimpin sesuatu. 

2. Join UKM itu penting, tapi....

Yap ini juga hal yang tidak boleh dilewatkan. UKM merupakan unit kegiatan mahasiswa. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari keilmiahan, olahraga, seni, dan lain-lain. Join Himpunan jurusan juga tidak masalah kok. 

Tapi ingat jangan sampai lupa akan kewajiban belajar. Karena nanti saat masuk duni kerja, IPK juga memiliki standar minimal. 

3. Hubungan dengan dosen....

Dosen merupakan orang yang dihormati di kampus. Mereka adalah penuntun mahasiswa dalam mencari ilmu. Apakah hubungan dengan seorang dosen itu penting? Sudah pasti hubungan dengan dosen itu penting. 

Alasannya tidak jauh dengan nilai, dan juga kemudahan saat sidang nanti. Ingat semakin bagus reputasimu sebagai mahasiswa, maka dosenpun akan membuka lebar tangannya untuk membantu. 

4. Wajib ikut seminar 

Seminar di kampus itu pasti menarik. Dari seminar tersebut ada banyak pelajaran yang bisa didapat. Karena pembicara yang diundang bisanya seorang expert juga. Kalau bukan seorang expert ya paling praktisi atau orang penting. 

Keuntungan ikut seminar, bisa saja mendapat doorprize. Ada juga sertifikat sebagai bukti keaktifan mengikuti kegiatan kampus. 

5. Jalin pertemanan beda fakultas 

Pertemanan di kampus pasti menyenangkan. Kenapa? karena disitu banyak sekali mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda.  Dengan latar belakang berbeda fakultas maka pengetahuan bertambah. Kelak akan berguna nanti ketika sudah lulus, bisa saling membantu saat mencari kerja.