Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Zhong ShanShan, Miliarder nomor 1 di China

Funfact : Zhong Shanshan kekayaan meningkat  di kala pandemi

Penamorf -  Membicarakan  dunia finansial tidak akan ada habisnya. Mulai dari bagaimana merencanakan keuangan, menambah penghasilan, berinvestasi, menekan pengeluaran, berinvestasi, dll. Hal yang menarik untuk dibahas selain itu adalah para miliarder dunia. 

Para miliarder ini merupakan golongan yang jumlahnya kecil, tapi memegang hampir separuh dari kekayaan yang beredar dimuka bumi. Sebut saja seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, Warren Bufet, Bill Gates, dan lainnya. 

Namun pernahkah mendengar miliarder dari China? Biasanya yang terbesit adalah nama Jack Ma. Padahal orang terkaya di China bukanlah Jack Ma. Melainkan seseorang bernama Zhong Shanshan. Jarang terdengar di Indonesia, tapi dikancah dunia Zhong merupakan orang yang terkenal.

Siapakah Zhong Shanshan?

Profil Singkat Zhong Shanshan

Zhong ShanShan merupakan seorang pria yang lahir pada tahun 1954, di HangZhou, Tiongkok. Dia bukan orang yang terlahir kaya sejak kecil. Kehidupannya dinilai sederhana sejak dia lahir. Zhong Shanshan mendapat julukan sebagai Lone Wolf.  Hal ini dikarenakan tidak pernah terlibat dalam dunia politik. 

Pernah Putus Sekolah

Sekolah merupakan tempat yang digunakan untuk menimba ilmu. Disana banyak orang tua mengharapkan kehidupan anaknya kelak menjadi pandai danlebih baik. Namun bukan berarti sekolah itu menjamin kesuksesan. 

Banyak diluar sana yang sukses bukan karena sekolah. Zhong Shan Shan merupakan salah stau contohnya. Di usianya yang ke 12 tahun, Zhong Shanshan putus sekolah. Orang tuanya ditangkap oleh pemerintah. Pada saat itu juga revolusi kebudayaan China sedang terjadi. 

Pernah menjadi Buruh dan Jurnalis

Hidup ini unik. Zhong Shanshan tahu kekurangnya. Jadi dia bekerja menjadi seorang buruh bangunan selama beberapa tahun. Seelah menjadi buruh, Zhong melanjutkan pendidikannya di Universitas Radio & TV Zhejiang. 

Setelah lulus dari pendidikannya. Zhong menjadi seorang jurnalis di salah satu media setempat. Pekerjaan menjadi jurnalis hanya Zhong tekuni selama 3 tahun saja. Selama menjadi jurnalis, Zhong  menjadi reportase dibidang pertanian didaerahnya.

Membangun Bisnis

Sebelum menjadi miliarder. Zhong Shanshan sudah pernah jatuh bangun mendirikan bisnis. Menurut surat kabar Perancis Le Monde. Zhong Shanshan membangun perusahaan medianya sendiri. Bahkan usaha pertanian jamur dan berjualan tirai juga ia coba.

Zhong Shanshan membangun sebuah perusahaan yang menjadikan kekayaannya naik drastis. Zhong membuat perusahaan farmasi bernama Yangshengtang .co.ltd . Perusahaan tersebut merupakan induk dari Beijing Wantai.

Bisnis Air Mineral, Bisnis utama Zhong Shanshan

Di beberapa media barat. Zhong Shanshan terkenal menjadi miliarder karena bisnis air mineral.  Nama perusahaan air mineral yang ia dirikan adalah Nongfu Spring. Nongfu Spring didirikan pada tahun 1996. Posisi Nongfu Spring saat ini menjadi perusahaan air mineral nomor satu yang ada di Tiongkok.

Kekayaan meningkat tajam dikala pandemi

Zhong Shanshan membuka penawaran umum (IPO) di bursa saham Hongkong untuk kedua saham perusahaannya. Saham Nongfu Spring melejit menjadi 155%. Sementara perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological juga naik sebesar 2000%. 

Kekayaan Zhong Shanshan berhasil menggeser Jack Ma dan Ma Huateng. Kini Zhong Shanshan menjadi miliarder dunia dibawah Mark Zuckerberg. Kekayaannya total 91 Miliar USD. Luar biasa, dikala pandemi masih ada saja orang yang kekayaannya bertambah