Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara mengatasi galau paling ampuh

cara mengatasi galau paling ampuh

Penamorf - Hidup ini memang rumit. Tidak semua keinginan atau target bakal tercapai. Galau memiliki banyak sekali faktor. Mulai dari percintaan, bisnis, pertemanan, dan lain-lain.Tapi biasanya galau berasal dari dunia percintaan.

Cara mengatasi  rasa galau setiap orang berbeda-beda. Tapi bukan berarti tidak  ada cara yang ampuh untuk mengatasi rasa galau. Galau itu manusiawi, tapi kalau berlarut-larut dalam masalah bisa lebih bahaya lagi. Karena itu tidak dibolehkan 

1.  Mendengarkan musik

Ada yang bilang musik itu tidak baik. Apalagi berlarut-larut dalam musik sampai tidak produktif. Tapi sebenarnya musik juga memiliki sisi positif. Biasanya untuk meningkatkan mood, musik dinilai efektif untuk mengatasinya. 

Putar playlist spotify kesukaanmu. Kadang orang memiliki selera musik yang berbeda-beda dikala sedih,  Ada yang memutar lagu sedih. Atau ada pula yang memutar lagu pop yang bikin semangat. Apapun kegalauanmu, kamu bisa putar musik untuk membatu perasaanmu lebih baik. 

2. Curhat 

Curhat. Mendengar kata itu pasti yang tergambarkan adalah mengeluarkan unek-unek. Padahal curhat lebih dari itu kok.  Curhat juga bentuk transfer emosi kepada orang lain. Jadi ketika galau dan curhat ada emosi yang tercurahkan. 

Kegalauan akan terasa lebih ringan bila diatasi dengan curhat. Daripada dipendam sendiri, dan akan berlarut-larut. Tips dari Admin, jangan lupa untuk curhat dengan orang terpercaya. Bisa juga dengan aplikasi riliv, konsultasi dengan psikolog secara daring. 

3. Menangis 

Menangis. Mendengar kata itu pasti kita teringat, menangis hanya untuk orang lemah. Padahal menurut ilmu kejiwaan atau psikologi, orang kuat adalah orang yang bisa menangis ketika sedih. Sementara orang yang lemah adalah orang yang tidak bisa menangis ketika sedih / galau. 

Jadi kesimpulannya, kalau lagi galau. Boleh banget menangis. Daripada membohongi perasaan dirisendiri. 

4. Mencoba sesuatu yang baru

Galau itu wajar, semua orang juga merasakan. Ingat galau juga sementara, tidak akan permanen menetap. Semua tergantung dirimu, apakah kamu sanggup melaluinya atau tidak. Kalau mau cepat selesai, salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah mencoba sesuatu yang baru. 

Dengan mencoba sesuatu yang baru, perhatian dan kegalauan akan cepat teralihkan. Hal baru yang dimaksud seperti traveling, mengedit video, buka usaha, atau hal-hal lainnya. 

5. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Tuhan adalah universal. Semua datang dari-Nya dan kelak akan kembali pada-Nya.  Dan ketika ada permasalahan, ingat bahwa ada diri-Nya yang tahu bagaimana mengatasi masalah. Dengan adanya rasa galau karena suatu masalah, ada hikmah dibaliknya. 

Mendekatkan diri dengan Tuhan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membaca kitab suci, pergi ketempat ibadah, bersedekah, dan lain-lain. 

Kegalauanmu adalah pelajaran yang normal untuk dilalui. Jangan terlalu berlarut didalamnya, bangkitlah dan mulai untuk hari yang baru. Esok, admin yakin akan lebih baik. Terimakasih, semoga bermanfaat.