Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelebihan platfrom Wordpress untuk ngeblog

kelebihan wordpress untuk ngeblog

Penamorf - Halo semua, admin penamorf kembali lagi. Kali ini postingan akan membahas tentang dunia blogging.  Platfrom blogging saat ini jumlahnya banyak loh. Bukan hanya Blogger saja, ada Wordpress, Joomla, Medium, dan lainnya. 

Setiap platfrom memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa waktu lalu, admin membuat postingan tentang kelebihan platfrom blogger. Nah kali ini admin ingin membahas tentang plarfrom wordpress. 

Platfrom wordpress merupakan platfrom yang terkenal. Penggunanya lebih banyak dari platfrom Blogger. Ada lebih dari 50% blog yang ada di seluruh dunia yang menggunakan platfrom Wordpress. Tentu ada alasan kenapa bisa begitu. 

1. Optimasi SEO yang mudah 

Search Enginge Optimation merupakan salah satu pilar penting dalam dunia blogging.  Bagi blogger yang memiliki prioritas mencari keuntungan dengan Google Adsense. Maka SEO adalah hal wajib yang harus dikuasai. 

Platfrom Wordpress memiliki optimasi SEO yang lebih mudah.  Wordpress memiliki plugin yang bernama Rank Math. Dengan plugin tersebut, untuk menulis  artikel SEO akan lebih mudah. 

2. Tampilan yang menarik 

Bila menggunakan tema bawaan. Platfrom Blogger akan kalah saing dengan platfrom wordpress. Hal ini dikarenakan wordpress menyediakan ratusan bahkan ribuan tema gratis.  Tema yang disediakan juga banyak yang menarik. 

Untuk customisasi tema, Wordpress bisa dibilang cukup unggul. Hal ini dikarenakan tidak memaksa pengguna Wordpress mengedit  kode HTML seperti blogger. 

3. Anti komentar spam 

Pernahkah kalian berkunjung ke blog yang menggunakan platfrom Blogger?  Dan pada saat berkunjung malah ada komentar  yang tidak ada kaitan dengan artikel. Misalkan komentar tentang jud$, obat, hingga perdnkunan. 

Dengan platfrom Wordpress, pengguna difasilitasi dengan adanya plugin anti spam. Sebut saja plugin Akimset. Dengan plugin tersebut, maka pengunjung yang akan posting komentar akan divalidasi dulu oleh pemilik blog.

4. Memiliki fasilitas plugin toko online

Mendirikan website untuk entitas bisnis merupakan hal yang sering terjadi saat ini. Tentunya bukan hanya sekedar mengenalkan produk, melainkan menjadikan website tersebtu sebagai toko online. Platfrom wordpress sudah menyediakam plugin woocomerce. 

Dengan plugin woocomerce pemilik website bisa mengenalkan produk yang dijual. Mulai dari harga, foto produk, hingga pembelian. Kalau platfrom lain sepertinya jarang yang menyediakan fasilitas ini. 

5.  Aman 

Saat ini versi Wordpress terbaru merupakan versi 5.7. Dengan adanya pembaruan, Wordpress dipastikan bisa lebih aman dari versi sebelumnya. Saat ini serangan peretas sudah berbagai macam jenisnya. Jadi wajar saja suatu platfrom akan update mengikuti perkembangan dan kebutuhan pengguna. 

Wordpress akan aman bila digunakan dengan benar. Misalkan tanpa menggunakan tema premium bajakan atau plugin premium bajakan.

Yap itu dia 5 kelebihan platfrom wordpress untuk ngeblog. Admin sudah merasakan sendiri menggunakan platfrom Wordpress sendiri. Bagus memang tapi mahal untuk sewa hosting dan domain. Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat.