Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa


Penamorf - Halo sobat Pena! Bagaimana kabarmu? Semoga dalam keadaan sehat dan
tentunya dalam lindungan Tuhan.  Jika kamu mahasiswa apa yang kamu lakukan selain kuliah? Apakah hanya aktif berorganisasi saja? 

Sebenarnya  aktivitas organisasi merupakan aktivitas positif . Apapun yang kamu lakukan selama kegiatan positif tidak masalah. Justru harus konsisten agar bisa membentukmu menjadi orang bernilai lebih. Kegiatan positif yang  bisa dilakukan seorang mahasiswa selain menjadi anggota atau aktif di organisasi adalah dengan bekerja sampingan.

Ya bagi kamu kalau ingin menjadi mahasiswa yang ingin berkembang, tidak hanya dari organisasi saja kok. Tapi bisa kerja partime yang bakal menambah pengalaman. Terus kira-kira pekerjaan sampingan seperti apa yang paling cocok bagi mahasiswa? Yuk kita ulik  satu per satu : 

1. Tutor Bimbingan Belajar

Diluar sana ada banyak siswa sekolah yang merasa bahwasanya belajar di sekolah kurang efektif. Entah sistem belajarnya atau suasana  belajar yang kurang mendukung. Alhasil apa yang harusnya dipelajari di sekolah bisa diterima, justru malah tidak bisa diterima sama sekali. 

Kamu sebagai mahasiswa bisa banget membuka jasa bimbingan belajar bersama kawanmu. Kamu bisa memanfaatkan waktu weekend  untuk membantu siswa sekolah untuk belajar lebih efektif. 

2. Graphic Designer

Kreativitas merupakan salah satu skill yang mahal harganya. Dan tahukah kamu bahwa desain grafis masuk daftar pekerjaan freelance dengan gaji tinggi? Bila kamu mempunyai passion di dunia desain, manfaatkan sebaik-baiknya.

Kamu bisa digaji dengan puluhan bahkan ratusan dollar saat mengerjakan  proyek dari klien. Untuk melangkah menjadi desain grafis profesional, perbanyak portofolio dan juga rajin-rajin cari proyek.

3. Bisnis Online 

Bisnis online bisa menjadi pilihan selanjutnya. Bagi kamu yang memiliki jiwa dagang atau jiwa wirausaha, cobalah jualan online. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshiper. Keduanya boleh banget dicoba. 

Namun perhatikan baik-baik. Saat ini juga banyak mahasiswa yang melakukan bisnis online. Karena dinilai fleksibel dan juga bisa memberi kebebasan. Siapa tahu kamu bisa menjadi mahasiswa dan pebisnis yang sukses seperti Dokter Tirta sewaktu kuliah di UGM

4.  Fotografer 

Di era digital saat ini, mengabadikan momen merupakan salah satu  hal paling penting. Kalau kamu punya modal kamera yang bagus, kamu bisa menawarkan jasa fotografi. Mulai dari jasa foto wisuda, foto wedding, dan lain-lain. 

Penghasilan seorang fotografer akan semakin mahal bila memiliki jam terbang yang tinggi. Bagi kamu yang baru akan memulai atau baru merintis menjadi freelance fotografer, jangan takut. Mulai dulu dengan perbanyak portofolio dan tingkatkan skill fotografi

5. Content Creator 

Salah satu pekerjaan yang perlu kerja keras level tinggi adalah menjadi content creator. Menjadi mahasiswa plus content creator harus bisa mengkombinasikan antara manajemen waktu, krativitas, dan skill tambahan. 

Skill tambahan? Skill tambahan yang dimaksud adalah skill mengedit, skill public speaking, dan skill lainnya. Kalau kamu berhasil tumbuh menjadi content creator di tiktok, youtube, atau insta, penghasilanmu mungkin akan tinggi tergantung engagement yang kamu punya. 

Menjadi mahasiswa dan memiliki pekerjaan sampingan merupakan sebuah previellege. Kenapa? Karena kamu sudah terasah mencari uang untuk diri sendiri. Dari pekerjaan sampingan kamu bisa belajar melayani client, networking, dan menambah skill baik itu hardskill ataupun softskill. 

Hmmm bagaimana? tertarik kuliah sambil kerja sampingan?