Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Alami Sharia, Aplikasi P2P Lending berbasis syariah

Review Alami Sharia, Aplikasi P2P Lending berbasis syariah

Penamorf -  Halo sobat Pena! Setelah review P2P Lending easycash, kali ini admin Pena akan membuat review aplikasi Alami Sharia.

BTW Alami Sharia merupakan P2P Lending berbasis syariah pertama di Indonesia. Dan menurut admin Pena, ini sangat menarik. 

Dan tentunya jelas berbeda dengan P2P Lending konvensional . Karena P2P Lending syariah sudah menggunakan prinsip-prinsip alami

Apa itu Alami Sharia? 

Alami Sharia adalah penyelenggara P2P Lending berbasis syariah dibawah naungan  Alami Teknlogi Sharia. Berdasarkan situsnya, Alami Sharia didirikan pada tahun 2017.  Dan sudah mendapat izin resmi dari OJK pada tahun 2020. 

Alami Sharia dari sisi UI/UX 

OK, Dari sisi UI Alami Sharia memang kuat akan nuansa islami.  Warna biru muda kehijauan dan putih menjadi warna dasar yang membuat penggunanya merasa adem. 

Dari sisi UX, ok lah kalau aplikasi Alami Sharia memang ada sedikit kendala. Kadang aplikasi ini sempat lag sedikit. Atau mungkin ini device saya yang sedikit hang.  Soalnya saat menekan menu utama sedikit lambat loadnya, tidak responsive. Harapannya si, Alami segera memperbaiki. 

Kelebihan Aplikasi Alami Sharia

A. UI nya asik + unik

P2P Lending Alami Sharia  memang berbeda secara dasarnya. Mereka menggunakan landasan hukum ekonomi islam. Selain beda dasar pengoperasiannya, user interface  aplikasi P2P Lending Alami juga  unik. 

Bisa dibilang identitas islami begitu ditonjolkan.  Mulai dari fitur waktu shalat 5 waktu, Qur'an Digital, Arah Qiblat. 

B. Pendanaan start dari harga terjangkau 

Kalau Easycash start dari Rp.1000.000 dan KoinWorks start dari Rp.100.000, maka Alami Sharia bisa memulai pendanaan dengan harga yang lebih terjangkau. 

Coba tebak berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk pengalaman pendanaan di Alami Sharia?  Hanya 25.000  rupiah saja. 

C.  TKB90=100% 

Alami Sharia  memiliki TKB90=100%. Dengan TKB yang sempurna artinya penyelenggaraan Alami sebagai platform P2P Lending  tidak ada kasus gagal bayar sama sekali. 

D.  Menggunakan prinsip syariah

Bagi orang yang memiliki hidup dengan prinsip agama Islam, tentu P2P Lending Alami menjadi angin segar. 

Pasalnya orang yang berprinsip syariah juga  pasti ingin melakukan investasi untuk mengembangkan nilai uang.  Alami bisa jadi jembatan bagi investor yang berminat untuk menyalurkan dana ke platform P2P Syariah. 

E. Rata-rata durasi pendek 

Rata-rata durasi pendanaan yang ada di Alami Sharia memiliki durasi dibawah 1 tahun. Rata-rata borrower memiliki durasi sekitar 6 bulan.

Kekurangan P2P Lending Alami 

A. Slot pendanaan terbatas

Yap salah satu kekurangan dari P2P Lending Alami adalah slot pendanaan yang sangat terbatas. Artinya pendanaan by project dan itupun harus cepat sebelum slot habis.

B. Tidak ada program referal

Salah satu kekurangan dari Alami Sharia adalah tidak memiliki program referal. Artinya  pihak yang melakukan pendanaan tidak bisa mendapatkan komisi dari program referal. 

C. Imbal hasil yang didapat tidak begitu besar 

P2P Lending Alami Sharia termasuk kategori P2P Lending produktif. Jadi jangan harap memiliki imbal hasil yang besar seperti bunga P2P Lending  Easycash.

Pertanyaan seputar P2P Lending Alami

A. Apakah Alami Sharia Penipu? 

Tidak, Alami Sharia tidak pernah menipu penggunanya. 

B. Apakah Alami Sharia terdaftar di OJK? 

Ya. Alami Sharia terdaftar di OJK dengan nomor izin : KEP-21/D.05/2020 yang dikeluarkan pada 27 Mei 2020.