Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah startup Ula mendapat pendanaan dari Jeff Bezos

Penamorf - Sobat Pena, semoga sehat selalu dan tentunya dalam lindungan Tuhan. Trend anak muda saat ini bukan lagi bekerja menjadi PNS melainkan bekerja di startup. Tidak heran bila saat ini  startup diluar sana banyak yang berkembang dan sukses di tangan anak muda.  Sebut saja startup seperti Ajaib, Gojek, dan banyak lagi.

Mungkin kamu bisa baca kisah pendiri Ajaib. Namanya  Anderson Sumarli yang usianya belum 30 tahun tapi sudah membuat perusahaan menjadi startup unicorn. Pada kesempatan kali ini, admin Pena akan membahas tentang startup bernama Ula.

Kenapa Ula? Karena beberapa waktu lalu ada video  tentang Ula masuk FYP Tiktok admin Pena. Dan menurut admin sendiri Ula hebat bisa membuat Jeff Bezos menjadi salah satu investornya. Kita kan tahu kalau Jeff Bezos  merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

Terus bagaimana kisah Ula sampai dapat dana segar dari Jeff Bezoss? Apa bisnis startup Ula? Siapa pendirinya? Mari kita ulik detailnya :

Profil Ula


Melansir dari laman resmi profil  Ula di plarfrom Linkedin, Ula merupakan sebuah e-commerce grosir untuk membantu pemilik toko menyimpan inventaris yang mereka butuhkan, serta membeei modal kerja. 

Ula sendiri lebih fokus ke  UMKM atau peritel kecil. Ula melihat bahwasanya pasar ritel di Indonesia tidak tertata dengan baik.  Sebagai contoh petani lokal sebelum menjual hasil tani dijual dulu ke agen atau tengkulak, baru dijual ke pasar.  Menurut Ula, Indonesia terlalu banyak pemain di rantai pasok.

Siapakah Pendiri Ula 


Ula memiliki usia yang terbilang muda. Ula didirikan pada tahun 2020 oleh 4 orang pemuda.  4 orang tertsebut bukanlah orang sembarangan.  Mereka adalah Nipun Mehra (petinggi startup Flipkart di India), Alan Wong (karyawan Amazon), Derry Sakti dan Riky Tenggara ( sebelumnya di Lazada). 

Belum genap 2 tahun  diminati banyak investor 

Ula memiliki usia sekitar 1.5 tahun saat ini. Dan perkembangannya bisa dibilang cukup pesat. Di awal berdiri Ula hanya memiliki  ratusan produk dan ratusan toko ritel. Namun di tahun 2021, Ula memiliki ribuan produk dan 70.000 toko ritel. 

Angka diatas tentunya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Ula mendapatkan 10.5 Juta USD dan tambahan 20 Juta USD pada pendanaan Seri A.

Dilansir dari Tech Crunch, Ula mendapart pendanaan Seri B sebesar 87 Juta USD dari B Capital, Tencent, Prosus Ventures. Kabarnya Jeff Bezos juga ikut mendanai melalui perusahaan Bezos Expedition. 

Namun Jeff Bezoss memilih untuk tidak mempublikasi namanya sebagai investor startup Ula. Kira-kira apa alasan Jeff Bezoss melirik Ula? 

Alasan Jeff Bezoss melirik Ula

Alasan Jeff Bezoss menjadi investor Ula adalah karena Ula mengincar segmen peritel kecil. Selain itu alasan lainnya adalah karena Amazon belum melakukan ekspansi bisnis ke Asia Tenggara. Amazon sendiri merupakan marketplace yang lingkupnya sudah mendunia namun belum berani terjun di pasar Asia.